Senin 22 Jan 2024 16:37 WIB

Peduli Lingkungan Berkelanjutan, Indra Karya Sabet Indonesia Green Awards 2024

Program TJSL yang dijalankan memberikan pembinaan bagi masyarakat desa mitra binaan.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Erik Purnama Putra
PT Indra Karya (Persero) meraih penghargaan Indonesian Green Award 2024, kategori Penyelamatan Sumber Daya Air.
Foto: Republika.co.id
PT Indra Karya (Persero) meraih penghargaan Indonesian Green Award 2024, kategori Penyelamatan Sumber Daya Air.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia Green Awards memberikan penghargaan bagi perusahaan yang konsisten ikut menjaga lingkungan hidup. PT Indra Karya (Persero) sebagai salah satu perusahaan BUMN, menyabet kemenangan dalam kategori The Promising.

Hal itu diraih berkat keberhasilan Indra Karya dalam Program TJSL 'Ekonomi Kreatif Masyarakat Pesisir BUMN (Pro-Aksi BUMN)'. Program tersebut bertujuan mengedukasi masyarakat terkait pengelolaan dan pengembangan lingkungan hidup berkelanjutan.

Direktur Utama PT Indra Karya (Persero) Gok Ari Joso Simamora, yang diwakili oleh Head of Internal Audit Ferdinandus Baskoro, dan Manager TJSL Bambang Palgunadi, dalam menerima penghargaan menyampaikan apresiasinya pada berbagai pihak.

"Kami berterima kasih kepada Indonesia Green Awards dan La Tofi atas penghargaan yang diberikan kepada PT Indra Karya (Persero). Kami juga bangga dengan kerja Tim TJSL Indra Karya, yang terus mengupayakan agar program-program TJSL ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat hingga secara berkelanjutan," ucap Gok Ari dalam siaran pers di Jakarta, Senin (21/1/2024).

Sementara itu, Bambang Palgunadi menjelaskan, program TJSL dengan tema Pro-Aksi BUMN yang menang di bawah kategori Penyelamatan Sumber Daya Air, tidak hanya memberikan edukasi, namun juga memberikan pembinaan bagi masyarakat desa mitra binaan.

"Harapan kami, tercipta lingkungan sehat yang mengacu pada SDGs pilar Lingkungan melalui kegiatan pembangunan sarana dan prasarana air bersih, dan pembudidayaan pohon mangrove," kata Bambang.

Menurut dia, program tersebut memberikan nilai tambah berupa kemandirian ekonomi. Selain itu, juga pemulihan ekonomi yang sangat mendorong pertumbuhan UMKM di wilayah setempat, melalui kegiatan di bidang ekonomi yang juga dijalankan oleh perseroan secara simultan.

Bambang menjelaskan, pembangunan sarana dan prasarana air bersih merupakan kegiatan padat karya yang memberikan solusi pada permasalahan air bersih berupa pembangunan, pengelolaan sarana, dan prasarana air bersih. Selain itu, perseroan juga memberikan edukasi agar masyarakat dapat mengelola sumber daya air secara mandiri dan berkelanjutan.

"Untuk kegiatan pembudidayaan mangrove dilaksanakan dengan memberikan bibit dan pengetahuan budidaya pohon mangrove, yang dapat memberikan dampak positif khususnya bagi masyarakat di area pesisir," kata Bambang,

Penghargaan Indonesia Green Awards 2024 merupakan tahun ke-15 yang diselenggarakan sebagai komitmen berkelanjutan untuk berkontribusi dan menangani dampak lingkungan. Indonesia Green Awards (IGA) merupakan ajang untuk mengapresiasi perusahaan, individu, atau organisasi yang memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement