Senin 18 Sep 2023 12:58 WIB

Mengenal Apa Itu ESG dan Perannya dalam Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan

ESG merupakan inisiasi dalam bisnis merespons pembangunan ekonomi berkelanjutan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Environmental, Social, and Governance (ESG) kian menjadi isu krusial bagi perusahaan di dunia (Foto: ilustrasi ESG)
Foto:

Mengapa investasi ESG penting?

Dalam banyak kasus, perilaku konsumen telah bergeser pada praktik yang lebih berkelanjutan. Masyarakat di berbagai dunia semakin berupaya mendaur ulang, meminimalkan limbah, dan membuat pilihan yang lebih ramah lingkungan dalam memilih produk serta memberi penghargaan kepada perusahaan yang bertindak secara bertanggung jawab. Dalam investasi ESG, tujuan-tujuan tersebut juga memengaruhi keputusan tentang pilihan investasi.

Seringkali, baik investor individu maupun institusi yang mempertimbangkan isu-isu ESG ingin menggunakan uang mereka untuk mendukung perusahaan-perusahaan yang selaras dengan nilai-nilai mereka sendiri dalam hal pelestarian lingkungan dan tanggung jawab sosial. Karenanya, penting bagi perusahaan untuk berkomitmen pada konsep ESG.

Selain itu, perusahaan-perusahaan tersebut dapat memiliki kinerja keuangan jangka panjang yang lebih baik karena cost yang lebih rendah, risiko bisnis yang lebih rendah, dan peluang pemasaran baru, yang berpotensi membuat mereka lebih unggul di pasar saham.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement