Kamis 26 Oct 2023 21:55 WIB

PLN Raih Dua Anugerah CSR Republika 2023, Apa Saja?

PLN telah melakukan transformasi selama 3,5 tahun.

Rep: Meiliza Laveda / Red: Lida Puspaningtyas
Republika menggelar Anugerah CSR 2023 di Jakarta, Kamis (26/10/2023). Anugerah ini merupakan ajang untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan yang dinilai berperan penting dalam menggiatkan program tanggung jawab sosial perusahaan.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Republika menggelar Anugerah CSR 2023 di Jakarta, Kamis (26/10/2023). Anugerah ini merupakan ajang untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan yang dinilai berperan penting dalam menggiatkan program tanggung jawab sosial perusahaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT PLN (Persero) meraih Anugerah CSR Republika tahun 2023 dalam dua kategori, yaitu Pertanian dan Pemberdayaan Perempuan. VP Komunikasi Korporat dan TJSL Gregorius Adi Trianto mengatakan sesuai arahan Menteri BUMN Erick Thohir dan dengan kepemimpinan Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, PLN telah melakukan transformasi selama 3,5 tahun dengan 4 pilar utama, yaitu Green, Lean, Innovative dan Customer Focused. 

"Kami mengelaborasi keempat pilar transformasi PLN dalam proses bisnis kami, termasuk pada program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan atau CSR yang juga disesuaikan dengan Sustainability Development Goals (SDG’s) dengan tiga Program prioritas yaitu pendidikan, lingkungan, dan pengembangan umk," kata Gregorius di Hotel JS Luwansa, Kamis malam (26/10/2023).

Selain berkomitmen menyediakan listrik yang andal bagi seluruh masyarakat, PLN juga berkomitmen untuk dapat berkontribusi langsung kepada masyarakat.

"Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas pengakuan yang diberikan oleh Republika atas dua program prioritas TJSL/CSR kami yaitu Electrifying Agriculture dan Pemberdayaan Perempuan pada Anugerah CSR Republika 2023," ujarnya.

 

Dalam program Electrifying Agriculture, PLN memberikan solusi kepada para pelaku usaha di bidang agrikultur seperti pertanian, perikanan, perkebunan, peternakan dan sejenisnya untuk memanfaatkan listrik dalam kegiatan operasionalnya.

Hal ini terbukti memberikan manfaat langsung dalam meningkatkan hasil produksinya dan memangkas biaya operasionalnya. Peralihan ini memberikan kontribusi bagi para pelaku usaha untuk menurunkan emisinya. 

Hingga September 2023 program ini telah dimanfaatkan sebanyak lebih dari 230 ribu pelanggan. Sementara untuk program pemberdayaan perempuan, PLN sudah menerapkan praktik kesetaraan gender dalam lingkungan kerja dan diterapkan dalam Statement of Corporate Intent (SCI) atau dokumen persetujuan bersama tentang pengarusutamaan gender di lingkungan perusahaan. 

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pemimpin perempuan pada struktur kepemimpinan di PLN, ditambah lagi dengan adanya program Srikandi BUMN yang menjadi wadah komunitas perempuan di BUMN dalam berkarya dan memajukan Indonesia. 

"Dari sini, kami juga menurunkannya dalam kegiatan CSR dengan mengimplementasikan program pemberdayaan UMKM perempuan untuk memberikan kemandirian ekonomi keluarga serta program-program peningkatan kualitas kesehatan untuk ibu dan anak dan masih banyak lagi," ucap dia.

Program CSR yang berjalan saat ini jika dihitung juga jumlah penerima manfaat perempuan telah mencapai sekitar 35 persen dari jumlah total penerima manfaat CSR. Penghargaan ini akan dedikasikan kepada seluruh insan PLN di seluruh Indonesia yang telah berjuang tidak kenal lelah siang dan malam menjaga keandalan listrik dan melayani masyarakat.

Tentunya, ini juga akan menjadi pemecut semangat untuk terus memberikan pelayanan terbaik sebagai jantungnya perekonomian masyarakat.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement