Jumat 10 Nov 2023 15:43 WIB

Gencarkan Program Sayang Bumiku, Adira Finance Tanam 262 Bibit Pohon di Bali

Kegiatan penanaman pohon ini dilakukan di 10 titik unit bisnis Adira Finance

Adira Finance menggelar program Penanaman Pohon yang berlokasi di area Lapangan Puputan Badung (I Gusti Ngurah Made Agung) pada Jumat, (10/11/2023).
Foto: dok Adira Finance
Adira Finance menggelar program Penanaman Pohon yang berlokasi di area Lapangan Puputan Badung (I Gusti Ngurah Made Agung) pada Jumat, (10/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Masalah perubahan iklim dan pemanasan global yang sekarang ini terjadi memerlukan langkah konkret dalam menanganinya, salah satunya dengan melakukan penanaman pohon yang kemudian dapat menyerap produksi karbon yang dihasilkan oleh manusia. 

Sehubungan dengan hal tersebut, Adira Finance menggelar program Penanaman Pohon yang berlokasi di area Lapangan Puputan Badung (I Gusti Ngurah Made Agung) pada Jumat (10/11/2023).

Penanaman pohon yang dilakukan pada hari ini merupakan Rangkaian dari Program Sayang Bumiku yang telah berlangsung mulai dari Agustus 2023 lalu. 

Kegiatan penanaman pohon ini dilakukan di 10 titik unit bisnis Adira Finance, yakni Medan, Palembang, Denpasar, Sidoarjo, Samarinda, Manado, Solo, Depok, Jakarta Timur, Bandung dengan total jumlah pohon sebanyak 2.620 pohon yang terdiri dari pohon buah-buahan dan pohon akar kuat yang tersebar secara nasional.

Adapun salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi karbon yaitu dengan pemeliharaan tanaman atau pohon, karena tumbuhan inilah yang mampu mengolah karbondioksida (CO2) menjadi oksigen (O2) melalui proses fotosintesis.

Sesuai dengan janji brand Adira Finance, yaitu menjadi "Sahabat Setia Selamanya" melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) ini, kami ingin berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan sosial khususnya pada sektor lingkungan dan masyarakat. 

Kabid Tata Lingkungan dan Pertamanan DLHK Kota Denpasar, ibu Ida Ayu Widhiyanasari menyatakan pihaknya berterima kasih terhadap kontribusi yang diberikan oleh Adira Finance terkait dengan gerakan penanaman pohon Sayang Bumiku. Ia berharap yang dilakukan oleh Adira ini menular pada institusi lainnya, kegiatan yang bermanfaat untuk menjaga alam di kota Denpasar.

Sementara itu,  Regional HCGA Manager Adira Finance Bali Ari Aqfari mengatakan dengan adanya Program Sayang Bumiku, kegiatan penanaman pohon tidak hanya sebagai seremonial, melainkan dapat turut serta dalam pengaplikasian untuk mengurangi gas emisi karbon dan efek rumah kaca. Ia berharap kegiatan ini juga dapat memberikan dampak positif yang nyata bagi lingkungan sekitar dan membantu menyelesaikan isu-isu lingkungan.

"Hari ini kita bersama-sama menjalankan salah satu program gerakan penanaman pohon Sayang Bumiku di Lapangan Puputan Badung. Semoga yang menjadi harapan pemerintah dan harapan kita semua bisa terwujudkan dengan gerakan penanaman pohon Sayang Bumiku ini," ujar Ari.

Ia menambahkan, ada 262 pohon yang sudah ditanam di sana melalui program ini, semoga bisa memberikan suatu bentuk pelestarian alam dan berkontribusi positif bagi masyarakat sekitar khususnya Adira Finance. 

Marsya Edirika, sebagai perwakilan penerima manfaat dari Himapala Bhuana Giri Denpasar menyampaikan, "Kami berharap semoga dengan adanya program ini bisa membantu untuk menanggulangi masalah pencemaran udara yang menyebabkan menipisnya lapisan ozon. Semoga bumi kita kembali sehat dan kita juga bisa menjadi manusia yang lebih sehat, bisa menghirup udara yang lebih segar lagi."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement