Kamis 16 Nov 2023 14:48 WIB

Jokowi Pertanyakan Komitmen Dunia Hadapi Perubahan Iklim

Transisi energi merupakan isu yang sangat mendesak yang harus jadi perhatian dunia.

Rep: Dessy Suciati Saputri / Red: Friska Yolandha
Transisi energi (ilustrasi). Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempertanyakan komitmen dan tanggungjawab berbagai negara di dunia lainnya dalam upaya transisi energi .
Foto:

Namun, Jokowi menyoroti bahwa negara-negara miskin dan berkembang masih menghadapi tantangan besar dalam mengupayakan transisi energi, terutama masalah transfer teknologi dan pendanaan. Menurut dia, dibutuhkan investasi yang sangat besar serta kolaborasi untuk mewujudkan transisi energi.

"Namun, ini saya sampaikan di mana-mana setiap ketemu yang namanya investor, baik Indonesia maupun negara berkembang lainnya, mengenai pendanaan dan transfer teknologi. Ini menjadi selalu menjadi tantangan besar karena memang kita butuh investasi yang sangat besar serta transfer teknologi dan kolaborasi. Inilah yang menjadi tantangan dan sering menyulitkan negara-negara berkembang," ujar Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga menekankan bahwa pendanaan iklim yang diberikan kepada negara-negara berkembang untuk melakukan upaya transisi energi seharusnya lebih bersifat membangun. Pendanaan iklim tersebut, kata dia, seharusnya bukan dalam bentuk utang yang hanya akan menjadi beban bagi negara-negara miskin dan berkembang.

“Sampai saat ini yang namanya pendanaan iklim masih business as usual, masih seperti commercial banks. Padahal seharusnya lebih konstruktif, bukan dalam bentuk utang yang hanya akan menambah beban negara-negara miskin maupun negara-negara berkembang,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement