Kamis 16 Nov 2023 16:22 WIB

Telkomsel Kolaborasi dengan PNM Perkuat Implementasi ESG

Ragam solusi inovasi bagi pelaku UMKM diwujudkan melalui produk dan layanan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Gita Amanda
PT PNM dan Telkomsel berkolaborasi mendorong transformasi digital UMKM, (ilustrasi).
Foto: Republika/Iit Septyaningsih
PT PNM dan Telkomsel berkolaborasi mendorong transformasi digital UMKM, (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 64 persen dari total pelaku UMKM di Indonesia adalah perempuan, dengan kontribusi terhadap PDB nasional mencapai 61 persen, menurut data Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Namun, tantangan bagi perempuan pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya masih cukup besar seperti penetrasi digital dan eksistensi di pasar berbasis digital yang terus mengalami tren peningkatan.

Atas hal itu, Telkomsel berkolaborasi dengan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) dalam memperkuat digitalisasi Program PNM Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) guna mengakselerasi pemberdayaan perempuan prasejahtera pelaku usaha Ultra Mikro. Kolaborasi ini juga sekaligus memperkuat implementasi ESG.

Baca Juga

“Kolaborasi kami bersama PNM melalui pemanfaatan solusi teknologi, selaras dengan semangat Telkomsel yang terinspirasi dari Semangat Indonesia untuk bergotong royong menggerakkan kemajuan bangsa, dengan mendorong pemberdayaan perempuan prasejahtera agar lebih berdaya dan dapat mengatasi permasalahan sosial ekonomi,” kata Vice President Corporate Account Management Telkomsel, Cheppy Djakaria, dalam keterangan tertulis seperti dikutip Kamis (16/11/2023) lalu.

Ragam solusi inovasi bagi para pelaku UMKM kali ini diwujudkan melalui produk dan layanan unggulan Telkomsel Enterprise, yakni paket Device Bundling, Mobile Device Management dan Seamless Mobile Authentication. Paket Device Bundling akan memberikan kemudahan dalam pembelian beragam pilihan perangkat dan paket konektivitas dengan harga terjangkau sesuai kebutuhan pelanggan. Adapun Mobile Device Management, dapat memberikan perlindungan perangkat dan aplikasi dari pelanggaran data, menghindari kerugian finansial akibat kebocoran data, serta konfigurasi penggunaan aplikasi harian secara lebih mudah.

Serta solusi Seamless Mobile Authentication, yang dapat mendukung keamanan aplikasi dari penyalahgunaan kode OTP dan pengambilalihan akun oleh pihak yang tidak bertanggung jawab secara seamless dengan kemudahan autentikasi otomatis, serta memungkinkan pelanggan mengintegrasikan fitur Seamless Mobile Authentication dengan solusi autentikasi lainnya. Sedangkan paket komunikasi yang ditawarkan memungkinkan bebas telepon ke sesama grup, akses ke aplikasi PNM, untuk melengkapi paket telepon dan data.

Selain itu, Telkomsel juga menyediakan paket komunikasi untuk account officer, ketua kelompok, maupun nasabah PNM guna membantu berkoordinasi di lapangan dan meningkatkan produktivitas. Cheppy berharap, produk dan layanan ini bisa menjadi solusi untuk meningkatkan produktivitas dan taraf hidup perempuan prasejahtera pelaku usaha.

“Kami berharap kolaborasi yang merupakan bagian dari komitmen implementasi ESG ini dapat meningkatkan kesejahteraan para perempuan yang nantinya dapat turut mendukung perekonomian bangsa melalui sektor UMKM dan ultra mikro,” kata Cheppy.

Corporate Secretary PT Permodalan Nasional Madani (Persero), L Dodot Patria, menjelaskan bahwa PNM berkomitmen menjadi lembaga pembiayaan group lending yang terkemuka dan terbesar di dunia dalam meningkatkan nilai tambah secara berkelanjutan bagi sektor ultra mikro. Kolaborasi dengan pemanfaatan solusi digital Telkomsel, program PNM Mekaar dapat semakin meningkatkan produktivitas para pelaku usaha ultra mikro, khususnya perempuan melalui transformasi digital.

“Selain itu, kolaborasi ini juga turut meningkatkan efisiensi proses pinjaman mikro secara signifikan, meningkatkan jumlah nasabah PNM dan kemudahan akses permodalan, serta meningkatkan kesejahteraan ekonomi melalui peningkatan kemampuan pengelolaan keuangan, pembiayaan modal tanpa agunan, serta kompetensi dalam kewirausahaan dan pengembangan bisnis,” kata Dodot.

PNM Mekaar merupakan layanan pinjaman modal bagi perempuan prasejahtera pelaku sektor ultra mikro yang diluncurkan pada 2015. PNM Mekaar difokuskan kepada perempuan pelaku usaha ultra mikro dengan kondisi keluarga yang memiliki indeks pendapatan per kapita maksimal 1,99 dolar AS per hari atau Rp 800 ribu per bulan serta memenuhi indeks rumah (Cashpoor Index House).

Selain itu juga, dalam rangka merespons kebutuhan pasar, PNM Mekaar menghadirkan PNM Mekaar Syariah pada akhir 2018 di beberapa cabang PNM Mekaar seperti Aceh, Padang, dan Nusa Tenggara Barat. Hingga akhir Oktober 2023, PNM Mekaar Syariah telah memiliki 11,0 juta nasabah atau 73,7 persen dari total 14,9 juta jumlah akun nasabah PNM Mekaar.

Telkomsel Enterprise merupakan bagian dari Telkomsel yang menjadi penyedia solusi digital berbasis teknologi terbesar di Indonesia. Telkomsel Enterprise merupakan mitra bisnis untuk bertransformasi dan mengakselerasi pertumbuhan puluhan ribu bisnis nasional maupun multinasional, termasuk UMKM dan perusahaan rintisan, melalui ragam solusi unggulan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement