Kamis 18 Jan 2024 12:31 WIB

Bos BRI Ungkap Kaitan Erat ESG dan Kemakmuran di Davos

BRI memiliki flagship program BRI Menanam.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Ahmad Fikri Noor
Direktur Utama BRI Sunarso.
Foto: Dok. BRI
Direktur Utama BRI Sunarso.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Direktur Utama BRI, Sunarso mengatakan, isu Environmental, Social, and Governance (ESG) memiliki peranan penting untuk mendukung keberlanjutan kehidupan manusia serta mendorong tingkat kemakmuran atau prosperity. Hingga kuartal III 2023, BRI telah menyalurkan kredit ke sektor Kategori Kegiatan Usaha Berkelanjutan (KKUB) sebesar Rp 750,9 triliun, atau sekitar 66,1 persen dari total penyaluran kredit BRI. Angka ini mengalami peningkatan sebesar 11,9 persen yoy.

"Dari nominal tersebut, sebesar Rp 669,1 triliun disalurkan ke sektor UMKM, dan Rp 81,8 triliun disalurkan ke sektor Kegiatan Usaha Berwawasan Lingkungan (KUBL)”, ujar Sunarso saat hadir dalam gelaran World Economic Forum (WEF) 2024 yang diadakan di Davos, Swiss dikutip Rabu (17/1/2024). 

Baca Juga

Dari sisi lingkungan, untuk mengatasi perubahan iklim, saat ini BRI memiliki flagship program BRI Menanam. Program BRI Menanam ini memberikan bibit tanaman produktif (seperti bibit pohon mangga, durian, alpukat, jambu, jeruk, dan lainnya) saat nasabah mencairkan kreditnya. Hingga akhir 2023, program BRI Menanam telah berhasil menanam 1,9 juta bibit diseluruh Indonesia, dengan estimasi penyerapan CO2e sebesar 875.013 kgCO2e.

Di samping itu, dalam hal pengelolaan emisi dari operasional perusahaan, Sunarso menjelaskan bahwa BRI telah mengadopsi global standard SBTi (Science-Based Target initiatives), yaitu dengan mengimplementasikan inisiatif yang secara langsung dapat menurunkan emisi yang dihasilkan dari kegiatan operasional maupun bisnis perusahaan, seperti penggunaan kendaraan listrik, pemasangan solar panel, penggunaan teknologi lain yang rendah emisi.

“BRI berkomitmen untuk terus mendorong ekonomi kerakyatan melalui pemberdayaan UMKM dengan ditopang oleh kapabilitas teknologi yang handal, serta berlandaskan asas-asas keberlanjutan baik dalam aspek bisnis maupun operasionalnya untuk memberikan kontribusi value beyond profit,” ungkap Sunarso.

Ia juga menegaskan bahwa apa yang menjadi visi, strategi, dan yang dikerjakan BRI telah sejalan dengan agenda prioritas yang menjadi perhatian internasional pada World Economic Forum.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement