Kamis 22 Feb 2024 21:19 WIB

Waspada Tornado, Ini Sejumlah Cara untuk Melindungi Diri

Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk melindungi diri saat terjadi tornado.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk melindungi diri sendiri dan orang yang Anda cintai sebelum, selama, dan setelah terjadi bencana.
Foto: www.freepik.com
Beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk melindungi diri sendiri dan orang yang Anda cintai sebelum, selama, dan setelah terjadi bencana.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Angin puting beliung menjadi salah satu bencana yang sangat sering terjadi di kawasan tropis termasuk Indonesia. Terbaru, angin puting beliung yang dahsyat terjadi di Rancaekek, Kabupaten Bandung, dan sekitarnya pada Rabu (22/2/2024).

Mengingat risiko bencana tersebut, penting bagi kita semua untuk selalu waspada dan memahami bagaimana cara menyelamatkan diri dari angin puting beliung atau bahkan tornado. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk melindungi diri sendiri dan orang yang Anda cintai sebelum, selama, dan setelah terjadi bencana.

Baca Juga

1. Selalu update informasi

Sempatkan untuk selalu melihat informasi cuaca atau peringatan bencana dari pemerintah dan lembaga terkait seperti BMKG atau BPBD setempat. Sebagai bentuk antisipasi, Anda juga bisa memetakan area tempat tinggal dan apa saja potensi bencana yang bisa terjadi di sana.

 

 

2. Cari tempat aman untuk berlindung

Ada beberapa tempat yang membuat Anda terlindungi saat terjadi angin puting beliung atau tornado. Pertama adalah ruang bawah tanah, di mana area ini bisa menjadi tempat paling aman untuk melindungi diri sendiri dan keluarga dari angin puting beliung dan tornado.

Kedua, lantai pertama pada ruang interior. Dalam sebuah rumah, tempat ini bisa berupa kamar mandi atau lemari tanpa jendela. Letakkan sebanyak mungkin penyekat di antara Anda dan luar ruangan.

Sementara itu, jika tornado atau angin puting beliung terjadi saat Anda berada di dalam mobil, Anda harus segera menepi ke tempat yang lebih aman. Jika tempat berlindung yang dapat diandalkan tidak tersedia, pilihan terbaik berikutnya adalah berbaring di selokan dan lindungi kepala Anda dari puing-puing yang beterbangan.

 

3. Hindari tempat-tempat berbahaya

Ada beberapa tempat yang paling berbahaya saat angin puting beliung ataupun tornado menerjang. Misalnya di bawah jembatan layang jalan raya. Berlindung di bawah jembatan mungkin tampak seperti pilihan yang baik jika Anda terjebak di dalam mobil, tetapi lorong yang sempit dapat bertindak seperti corong dan memperkuat angin.

Luar ruangan juga menjadi tempat paling berbahaya saat terjadi puting beliung. Namun jika Anda sedang berada di luar ruangan, segera hindari pepohonan atau benda-benda yang berdiri sendiri, berjongkoklah di tempat yang paling rendah dan lindungi kepala Anda.

Lantai atas di sebuah bangunan juga menjadi tempat rawan dan berbahaya. Sebagai solusi, Anda bisa segera menuju lorong interior yang bisa menjadi pilihan yang aman.

 

4. Lindungi diri Anda sebaik mungkin

Melindungi kepala saat angin puting beliung dan tornado sangat penting. Saran terbaik adalah untuk menggunakan helm. Paling tidak, tutupi kepala dengan lengan Anda.

Para ahli meteorologi juga menyarankan agar Anda menyimpan klakson atau peluit di mana pun Anda berlindung. Itu penting agar dapat didengar oleh petugas pertolongan pertama jika Anda tertimbun puing-puing.

Penting juga untuk selalu sedia beberapa alat pertolongan pertama sebagai jaga-jaga. Kemudian, jika Anda melihat tornado atau puting beliung mendekat, segeralah mengenakan sepatu untuk menjaga kaki tidak terluka saat berjalan atau berlari di atas puing.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement