Senin 26 Feb 2024 19:11 WIB

Pupuk Indonesia Bawa UMKM Binaan Go Global Lewat Pesona Kriya

Acara ini mempertemukan puluhan UMKM binaan Pupuk Indonesia.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ahmad Fikri Noor
PT Pupuk Indonesia menggelar ajang Pesona Kriya Pupuk Indonesia 2024.
Foto: Pupuk Indonesia
PT Pupuk Indonesia menggelar ajang Pesona Kriya Pupuk Indonesia 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pupuk Indonesia menggelar ajang Pesona Kriya Pupuk Indonesia 2024 pada 26-28 Februari 2024 di Jakarta. Acara ini mempertemukan puluhan UMKM binaan Pupuk Indonesia yang memiliki ratusan produk untuk ditawarkan kepada sejumlah pemangku kepentingan baik lokal maupun internasional dari berbagai negara.

"Ajang ini menjadi komitmen Pupuk Indonesia dalam memberdayakan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di bidang wastra (warisan nusantara) dan kerajinan tangan," ujar Direktur Utama Pupuk Indonesia Rahmad Pribadi dalam Pesona Kriya Pupuk Indonesia 2024 di Sarinah, Jakarta, Senin (26/2/2024).

Baca Juga

Rahmad menegaskan komitmen Pupuk Indonesia Grup dalam memajukan UMKM melalui program pembinaan yang berada di bawah naungan unit Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Rahmad menilai Pesona Kriya Pupuk Indonesia 2024 sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan pilar Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi yang dijalankan Pupuk Indonesia sebagai produsen pupuk terbesar di Asia-Pasifik, Timur Tengah, dan Utara Afrika.

“Melalui Pesona Kriya ini, Pupuk Indonesia memperkenalkan produk serta memperluas jaringan pasar bagi pelaku UMKM," ucap Rahmad.

 

Rahmad mengatakan ajang ini sekaligus menjadi wadah bagi Pupuk Indonesia untuk mengapresiasi bakat dan kreativitas para pelaku UMKM binaan Pupuk Indonesia Grup. Hingga saat ini, Pupuk Indonesia telah melaksanakan pembinaan dan bantuan permodalan bagi 2.221 UMKM di seluruh Indonesia, yang mana sebanyak 257 UMKM di antaranya bergerak di sektor industri termasuk industri kreatif.

Rahmad menjelaskan, UMKM merupakan bagian penting dari perekonomian nasional menyumbang hampir 61 persen Pendapatan Domestik Bruto (PDB) dan mempekerjakan sekitar 97 persen angkatan kerja. Adapun pembinaan dilakukan dengan memberikan pinjaman modal dan peningkatan kompetensi sehingga UMKM dapat menghasilkan produk berdaya bersaing di tingkat nasional maupun global, terutama di bidang wastra yang dijalankan oleh perempuan.

Rahmad menyatakan kemitraan antara Pupuk Indonesia dengan UMKM bertujuan menciptakan ekosistem berkelanjutan serta meningkatkan perekonomian serta kemandirian para pelaku UMKM, khususnya bagi pelaku perempuan sebagai kaum rentan. Rahmad meyakini setiap karya yang dihasilkan UMKM memiliki potensi untuk menciptakan dampak positif. 

"Karya-karya yang ditampilkan ini mencerminkan keberagaman budaya, tradisi, dan kreativitas yang melebur menjadi koleksi luar biasa dari para desainer dan pengrajin UMKM di Indonesia," lanjut Rahmad.

Melalui kegiatan ini, Rahmad juga mengajak masyarakat Indonesia untuk bersama-sama mendukung pertumbuhan dan eksistensi UMKM di tanah air. Rahmad berharap kegiatan ini menjadi embrio dan berkelanjutan untuk kemajuan UMKM di Indonesia.

Pesona Kriya Pupuk Indonesia ini menjadi langkah positif Pupuk Indonesia Grup dalam mendukung pertumbuhan ekonomi lokal yang inklusif dan berkelanjutan. Ajang yang digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Perkumpulan Istri Karyawan (PIKA) Pupuk Indonesia Grup yang ke-8 ini diharapkan juga menjadi media pertukaran ide, dan kolaborasi yang dapat memperkaya dunia fesyen lokal.

Ketua PIKA-PI Grup, Tata Rahmad Pribadi mengatakan PIKA-PI Grup mendukung pengembangan UMKM binaan Pupuk Indonesia Grup yang sejalan dengan tema HUT PIKA-PI Grup di 2024, yaitu Women’s Support For Sustainability. PIKA-PI Grup menyadari pentingnya pembinaan dan pengembangan UMKM yang selaras dalam melestarikan warisan budaya Indonesia. 

"Kami berharap Pesona Kriya Pupuk Indonesia 2024 mampu memberikan dampak positif yang signifikan bagi pengembangan UMKM binaan Pupuk Indonesia Grup. Sampai saat ini sudah ada lebih dari 20 UMKM binaan pupuk indonesia yang sudah mampu memasarkan produk mereka ke pasar internasional," kata Tata.

Pesona Kriya Pupuk Indonesia akan menyajikan beberapa kegiatan seperti bazar UMKM dan peragaan busana yang melibatkan seluruh produk UMKM. Adapun bazar UMKM diikuti oleh 41 peserta, yaitu 35 UMKM binaan Pupuk Indonesia Grup, lima established brand dan Biofarma sebagai BUMN undangan. Sementara untuk peragaan busana diramaikan oleh produk-produk UMKM binaan yang dikolaborasikan dengan desainer terkenal dan established brand

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement