Senin 04 Mar 2024 02:42 WIB

BRI Life Galang Kemitraan dengan Sekolah dan UMKM untuk Implementasi Program TJSL

Program BRI Life Berbagi digelar di Bandung, Semarang, dan Jakarta.

Untuk wilayah Bandung dan Jakarta, BRI Life bekerja sama dengan beberapa sekolah, melaksanakan edukasi pemilahan dan pengelolaan sampah rumah tangga
Foto: dok BRI Life
Untuk wilayah Bandung dan Jakarta, BRI Life bekerja sama dengan beberapa sekolah, melaksanakan edukasi pemilahan dan pengelolaan sampah rumah tangga

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- PT Asuransi BRI Life (BRI Life) berupaya mendorong implementasi kebijakan yang mempertimbangkan aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola atau Environmental, Social, Governance (ESG). Hal ini dilakukan perseroan karena menyadari pentingnya mengelola bisnis yang berintegritas serta berkelanjutan. 

Perseroan menerapkan ESG melalui Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang bertajuk BRI Life Berbagi. Aktivitas yang dilaksanakan pada Februari 2024 ini berfokus pada kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan semangat kepedulian terhadap lingkungan dan sesama, melalui peran aktif dalam membangun aspek lingkungan dan sosial, dengan melakukan roadshow berbagi di beberapa daerah antara lain Bandung, Semarang, dan Jakarta. 

"Implementasi program TJSL BRI Life pada Februari dilaksanakan di tiga wilayah. Untuk wilayah Bandung dan Jakarta, BRI Life bekerja sama dengan beberapa sekolah, melaksanakan edukasi pemilahan dan pengelolaan sampah rumah tangga, sementara di Semarang, kami memberikan edukasi literasi keuangan, serta bantuan alat produksi kepada dua UMKM binaan BRI," ujar Corporate Secretary BRI Life Ade Nasution, dalam keterangan tertulis, Ahad (3/3/2024).

Dia mengatakan, dalam kegiatan ini BRI Life berkolaborasi dengan pemangku kepentingan, pihak sekolah wilayah Bandung dan sekolah Adiwiyata Jakarta Selatan, serta bekerja sama dengan Sudin Lingkungan Hidup setempat dan juga UMKM Binaan BRI. Roadshow TJSL melalui BRI Life Berbagi diawali di Bandung, dengan memberikan bantuan tempat sampah pilah kepada sekolah-sekolah di wilayah Bandung dan sekitarnya. 

 

Selanjutnya, kegiatan yang sama juga dilaksanakan dengan memberikan bantuan tempat sampah pilah kepada lima sekolah adiwiyata yang ada di wilayah Jakarta Selatan. Dalam kegiatan tersebut turut dilaksanakan edukasi, terkait upaya mengurangi limbah dengan melaksanakan tiga hal yakni mengurangi sampah, memilah sampah serta memanfaatkan kembali (daur ulang) sampah, dalam hal ini adalah sampah organik yang dapat dijadikan pupuk. 

Sementara di Semarang, BRI Life memberikan literasi dan Edukasi keuangan kepada para penggiat UMKM, tentang pentingnya mengelola uang secara bijak, serta pentingnya berasuransi untuk meningkatkan kekuatan finansial pada masa depan serta mengenalkan berbagai macam produk keuangan yang ada di pasaran. Selain literasi, BRI Life memberikan bantuan alat produksi, kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) "Abe Kreasi" yang bergerak di bidang produksi kerajinan limbah kayu dan "Anak Mama", UMKM yang memproduksi kripik dan tempe. Bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas produksi dari kedua UMKM tersebut, yang juga merupakan UMKM binaan BRI Regional Office Semarang. 

"Kami mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan, bantuan ini sangat berarti dan dibutuhkan agar usaha kami dapat semakin maju. Semoga BRI dan BRI Life, secara berkelanjutan dapat terus menyelenggarakan kegiatan yang sangat dinantikan para pengusaha kecil seperti kami," tutur Anita Ediyanti, pengusaha dari Abe Kreasi saat menerima bantuan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement