Sabtu 04 May 2024 13:30 WIB

Ilmuwan Temukan Inovasi Ubah Sampah Plastik Jadi Solar

Inovasi ini dinilai bisa mengatasi permasalahan plastik secara global.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Sampah plastik (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Sampah plastik (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah tim ilmuwan dari Laboratorium Nasional Ames Departemen Energi AS berhasil merancang teknologi yang bisa membantu masalah plastik global dan industri transportasi. Tim yang dipimpin oleh Aaron Sadow dan Wenyu Huang, baru-baru ini mengembangkan proses konversi kimia yang menghasilkan solar dari sampah plastik.

Plastik adalah bahan penting dengan sifat yang memiliki banyak kegunaan, termasuk penyimpanan makanan yang aman, barang elektronik ringan, dan peralatan medis sanitasi. Di antara banyak kegunaannya, produk plastik sekali pakai adalah pilihan populer karena lebih murah untuk dibuat dan diangkut dibandingkan barang yang terbuat dari bahan yang lebih berat atau rapuh.

Baca Juga

Sampah dari “produk sekali pakai” ini merupakan masalah utama plastik. Plastik yang dibuang akan bertahan ribuan tahun di tempat pembuangan sampah, dan degradasi parsial serta pengelolaan limbah yang buruk telah melepaskan plastik ke lingkungan alam serta ke dalam air minum dan makanan, mengakibatkan bahaya bagi satwa liar dan manusia.

“Kita sedang menghadapi krisis iklim yang mengharuskan kita menggunakan sumber daya alam secara lebih efisien, termasuk sumber daya fosil yang digunakan untuk membuat plastik dan bahan bakar cair. Tetapi dengan melihat energi secara holistik dan bahan bakar, bahan kimia dan material, serta pasokan alaminya, kita dapat merancang solusi berkelanjutan untuk masalah sampah plastik dan energi kita,” kata Sadow seperti dilansir Phys, Sabtu (4/5/2024).

Industri transportasi, manufaktur, konstruksi, dan pertanian sangat bergantung pada solar untuk memasok listrik, menghasilkan dan mengangkut produk ke seluruh dunia. Salah satu cara yang sedang ditempuh para ilmuwan untuk meningkatkan keberlanjutan dan mengurangi dampak lingkungan dari industri transportasi adalah dengan mengeksplorasi sumber bahan bakar alternatif seperti solar yang berasal dari plastik.

Tim mengembangkan proses satu langkah yang mengubah sampah plastik menjadi solar secara langsung. “Ada keunggulan kompetitif dalam memproduksinya dari plastik jika Anda dapat melewati kilang besar, dan itulah yang dilakukan oleh teknologi kami,” jelas Sadow.

Proses yang mereka kembangkan didasarkan pada katalisis, yang melibatkan penggunaan bahan kimia tertentu (katalis) untuk membantu memecah polimer pembentuk sampah plastik. Sadow menjelaskan bahwa katalis konvensional menghasilkan berbagai produk yang perlu melalui proses pemisahan intensif energi untuk menghasilkan produk yang bermanfaat.

Katalis yang digunakan dalam proses Ames Lab bersifat selektif dalam cara mereka memecah polimer. Selektivitas ini berarti bahan kimia yang diinginkan berasal langsung dari reaksi, dalam hal ini bahan bakar diesel (solar).

Proses produksi solar ini lebih ramah lingkungan dan efisien dibandingkan pembuatan solar dari minyak mentah. Hal ini juga menghasilkan pembakaran solar yang lebih bersih. Diesel lebih bersih karena tidak mengandung belerang.

“Sulit untuk menghilangkan sulfur dari minyak mentah. Itu adalah bagian proses penyulingan yang mahal. Plastik pada dasarnya tidak mengandung belerang karena sudah dimurnikan,” kata Huang.

Diesel yang lebih bersih ini dapat membantu industri transportasi dengan meningkatkan emisi dan menyediakan alternatif bahan bakar fosil. Pada saat yang sama, lebih sedikit plastik yang dibuang ke tempat pembuangan sampah dan ke lingkungan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement