Senin 27 May 2024 19:21 WIB

India dan Bangladesh Bersiap Hadapi Topan Pertama Tahun Ini

Kantor cuaca Bangladesh menaikkan sinyal bahaya badai ke level 10.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Topan di India (ilustrasi). Bangladesh dan India bersiap menghadapi topan Remal pada Ahad (26/5/2024).
Foto: AP
Topan di India (ilustrasi). Bangladesh dan India bersiap menghadapi topan Remal pada Ahad (26/5/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bangladesh dan India bersiap menghadapi topan Remal pada Ahad (26/5/2024), ketika badai dengan kecepatan angin hingga 120 km/jam ini diperkirakan akan melanda dalam semalam. Kantor cuaca Bangladesh menaikkan sinyal bahaya badai ke level 10, level tertinggi, untuk dua pelabuhan dan sembilan distrik pesisir.

Petugas juga mengumumkan peringatan melalui pengeras suara dan mulai mengevakuasi masyarakat dari daerah pesisir. "Hampir 60 ribu orang telah dievakuasi ke tempat penampungan sejak pagi," kata Mijanur Rahman, kepala tim penanggulangan bencana Bangladesh seperti dilansir Reuters, Senin (27/5/2024).

Baca Juga

Pesisir dataran rendah Bangladesh dan India, dua negara tetangga di Asia Selatan, sering mengalami badai besar dalam beberapa tahun terakhir. Topan Yaas pada tahun 2021 misalnya, menyebabkan lebih dari 50 ribu orang kehilangan tempat tinggal dan menewaskan setidaknya satu orang. Guna mengantisipasi topan pertama tahun ini yakni topan Remal, Menteri Negara Urusan Penanggulangan Bencana dan Bantuan, Mohibbur Rahman, mengatakan bahwa Bangladesh telah mendirikan hampir 8.000 tempat penampungan siklon dan memobilisasi 78 ribu sukarelawan.

Begitu pula India telah mengerahkan pasukan bantuan bencana di negara bagian timur Benggala Barat. Penerbangan telah ditangguhkan di kota metropolitan utama Kolkata.

 

Sebagian wilayah Benggala Barat telah mulai mengalami curah hujan dengan intensitas sedang, dan pemerintah telah membatalkan cuti bagi para pegawai di layanan-layanan penting. Angkatan Laut India juga mengatakan bahwa mereka telah menyiagakan kapal-kapal, pesawat terbang, para penyelam dan pasokan medis untuk dikerahkan jika diperlukan.

"Pendaratan topan Remal akan terjadi antara pukul 11 malam dan 1 pagi," kata Somnath Dutta, kepala bagian prakiraan cuaca di pusat meteorologi regional di Kolkata.

Sejumlah kereta api yang melintasi daerah-daerah yang berada dalam jangkauan badai siklon ini juga dibatalkan. Foto-foto yang dibagikan di platform media sosial X menunjukkan tim penanggulangan bencana memperingatkan para turis di sebuah pantai di Benggala Barat.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement