Rabu 19 Jun 2024 16:30 WIB

Kawasan Gunung Rinjani yang Terbakar Dipicu Cuaca Panas

Perkiraan luas kawasan yang terbakar sekitar 31 hektare.

Kawasan TNGR yang terbakar diduga akibat cuaca panas.
Foto: ANTARA/HO-TNGR NTB
Kawasan TNGR yang terbakar diduga akibat cuaca panas.

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM - Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), menyatakan kebakaran lahan yang terjadi di kawasan Gunung Rinjani tepatnya di jalur pendakian melalui Aik Berik, Lombok Tengah, diduga akibat cuaca yang sangat panas.

"Bencana kebakaran lahan kawasan Gunung Rinjani itu diduga dipicu faktor cuaca panas pada musim kemarau 2024," kata Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah 1 Dwi Pangestu di Mataram, Rabu (19/6/2024).

Baca Juga

Ia mengatakan lokasi kebakaran lahan terletak pada koordinat 08°25'42,44 Lintang Selatan (LS) dan 116°24'04,96 Bujur Timur (BT). Perkiraan luas kawasan yang terbakar sekitar 31 hektare dan api telah padam.

"Vegetasi yang terbakar adalah rumput, alang-alang, dan Cemara Gunung," katanya.

 

Sebelumnya Balai TNGR NTB menurunkan petugas untuk melakukan pengecekan dan pemadaman kebakaran lahan di kawasan Gunung Rinjani pada Senin (18/6).

"Tim dari Resort Aik Berik persiapan menuju lokasi titik api atau lokasi kebakaran," kata Pengendali Ekosistem Hutan Balai TNGR Budi Soesmardi.

Ia mengatakan kebakaran itu terjadi pada Ahad (16/06) sore, setelah terlihat titik api atau kepulan asap dari Danau Segara Anak.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement