Jumat 18 Oct 2024 19:43 WIB

Perumnas Gencarkan Hunian Hijau Terintegrasi

Konsep hunian ini menjadi solusi atas masalah kemacetan dan polusi udara.

Rep: Muhammad Nursyamsi / Red: Satria K Yudha
Kementerian BUMN mengapresiasi langkah Perum Perumnas dalam menghadirkan hunian yang lebih modern dan mengakomodasi kebutuhan generasi milenial dan pasangan muda.
Foto: Perumnas
Kementerian BUMN mengapresiasi langkah Perum Perumnas dalam menghadirkan hunian yang lebih modern dan mengakomodasi kebutuhan generasi milenial dan pasangan muda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Perumnas terus melakukan transformasi dengan berfokus pada pembangunan hunian yang mengedepankan aspek aksesibilitas, mobilitas, dan memiliki dampak keberlanjutan. Menggabungkan aspek-aspek tersebut, hunian berkonsep hijau terintegrasi transportasi massal pun gencar digarap pada beberapa kota.

Direktur Utama Perumnas Budi Saddewa Soediro mengatakan permasalahan pada suatu kawasan hunian termasuk juga pada kota-kota besar, menjadi basis dan bahan pertimbangan bagi Perumnas dalam melakukan perencanaan maupun pengembangan huniannya.

"Transformasi yang dilakukan pada hunian Perumnas menegaskan komitmen kami untuk terus beradaptasi dan bersikap proaktif terhadap masalah-masalah yang dihadapi masyarakat, dengan menghadirkan hunian yang dapat berperan sebagai salah satu solusi atas masalah tersebut," ucap Budi, Jumat (18/10/2024).

Budi mengatakan hunian berkonsep hijau terintegrasi transportasi massal ini memberikan one stop solution atas permasalahan backlog perumahan, kemacetan, polusi udara hingga menjadi katalis positif dalam pengganda ekonomi masyarakat, menciptakan lapangan kerja, mengangkat sektor UMKM, serta meningkatkan perputaran ekonomi baru atas pembangunan perumahan yang dilakukan. Selain itu, sambung Budi, perbaikan strategi bisnis turut Perumnas lakukan dengan menghadirkan sculpture baru sebagai branding huniannya.

"Sculpture tersebut diharapkan mampu membawa kesan premium dan berkualitas namun tetap terjangkau pada setiap produk hunian yang Perumnas tawarkan," ucap Budi.

Budi mengatakan serangkaian keberhasilan transformasi Perumnas didukung oleh talenta unggul yang diasah melalui pengembangan kompetensi karyawan dengan mengacu pada core value Akhlak yang diinisiasi Menteri Erick. Nilai-nilai tersebut menjadi acuan dan pedoman bagi setiap unsan Perumnas dalam melakukan aktivitas perusahaan.

Wakil Direktur Utama Perum Perumnas Tambok Setyawati mengatakan serangkaian tonggak pencapaian pengembangan SDM dan budaya kerja tak lepas dari peta jalan jangka panjang lima tahun dengan penguatan team working Akhlak, Employee Well-Being, dan Akhlak Culture Festival. Tambok menyampaikan pengembangan SDM merupakan salah satu bagian dari strategi korporasi untuk memastikan keterampilan yang dibutuhkan agar Perumnas dapat naik kelas dan berdaya saing. 

"Transformasi Perumnas yang diperkuat pengembangan SDM adalah investasi jangka panjang agar mampu membawa Perumnas untuk bangkit dan menjadi market leader yang dipercaya masyarakat di industri perumahan," kata Tambok.

Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan Perumnas telah bertransformasi dan berbenah diri menghadirkan hunian serta kawasan perumahan yang nyaman, bermutu, dan berkualitas untuk masyarakat. Erick mengatakan transformasi BUMN yang selalu diutamakan dalam lima tahun kepemimpinannya ialah semangat untuk terus beradaptasi dan berinovasi.

"Transformasi BUMN adalah keharusan untuk menjadikan BUMN semakin sehat, tangguh, profesional, kompetitif, dan berkelas dunia. Ini penting karena BUMN adalah benteng ekonomi dan lokomotif kemajuan agar BUMN dapat lebih optimal dalam melayani masyarakat, menjadi penyeimbang pasar, memberikan dampak sosial dan menghasilkan pendapatan bagi negara," ujar Erick.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement