Selasa 19 Sep 2023 15:18 WIB

Pelindo Group Gelar Aksi Tanam 20.000 Bibit Pohon Sambut Hari Ozom Sedunia

Aksi tanam pohon juga dilakukan Pelindo memperingati Hari Pelindo ke-2.

PT Pelindo Multi Terminal, Subholding menggelar aksi penanaman pohon di area Pelabuhan Belawan, dalam rangka memperingati Hari Pelindo ke-2 sekaligus juga memperingati Hari Ozon Sedunia.
Foto: Dok. Pelindo
PT Pelindo Multi Terminal, Subholding menggelar aksi penanaman pohon di area Pelabuhan Belawan, dalam rangka memperingati Hari Pelindo ke-2 sekaligus juga memperingati Hari Ozon Sedunia.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- PT Pelindo Multi Terminal, Subholding menggelar aksi penanaman pohon di area Pelabuhan Belawan, dalam rangka memperingati Hari Pelindo ke-2 sekaligus juga memperingati Hari Ozon Sedunia, belum lama ini. Mengusung tema 'Montreal Protocol: Fixing the Ozone Layer and Reducing Climate Change', setidaknya untuk Sub Holding Pelindo Multi Terminal sendiri menanam sebanyak 2.500 bibit pohon yang ditanam secara serentak di wilayah operasi SPMT Group di seluruh Indonesia dari Aceh hingga Sulawesi. 

Secara total tahun ini Pelindo Group sebagai induk usaha SPMT telah melakukan penanaman 20,000 bibit pohon dan rehabilitasi 222 Hektar mangrove. Upaya ini dilakukan sebagai upaya menjaga keanekaragaman hayati, serta mengedukasi publik terkait pentingnya ekosistem pesisir bagi Indonesia dan bagian dari dukungan Program Rehabilitasi Mangrove Nasional.

Baca Juga

Direktur SDM PT Pelindo Multi Terminal Edi Priyanto yang juga merupakan Ketua Panitia Hari Pelindo 2023 mengungkapkan, kegiatan menanam pohon hari ini sekaligus memperingati Hari Ozon Internasional. 

"Lapisan ozon memiliki peran sebagai pelindung permukaan bumi dari bahaya yang ditimbulkan dari radiasi ultraviolet Matahari. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk menjaga dan melindungi lapisan ozon demi keselamatan dunia, dan mengapa pohon? karena pohon menjadi penolong bagi kita, pohon bisa berfotosintesis dan menghasilkan oksigen, dan hasil dari fotosintesis tadi juga menyerap karbondoksida," kata Edi, dalam keterangan tertulis, Selasa (19/9/2023). 

 

Terkait itu Pelindo sebagai perusahaan BUMN juga concern terhadap misi menjaga lingkunga, dan salah satunya lewat kegiatan penanaman pohon ini. Edi mengatakan, jenis pohon yang ditanam tidak boleh sembarang, artinya bukan jenis pohon yang bisa merusak permukaan tanam. 

Oleh sebab itu, dalam kegiatan menanam pohon hari ini, dipilih pohon sawo kecil dan pohon tanjung. Karena menurut Edi, selain cepat tumbuh rindang, jenis pohon itu juga tidak merusak permukaan tanam. 

Namun, bukan sekadar menanam pohon saja, dalam hal ini Pelindo juga berupaya agar kegiatan ini berjalan konsisten, termasuk melakukan kolaborasi dan sinergi dengan berbagai pihak, di antaranya adalah para komunitas lingkungan, stakeholder dan pemerintah.

Kegiatan aksi penanaman pohon di area Pelabuhan Belawan ini juga turut dihadiri oleh Komisaris PT Pelindo Multi Termina, Ahmad Prawira Tarigan, jajaran Pelabuhan Belawan, pihak Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan, pihak Otoritas Pelabuhan Belawan, Danlantamal I Belawan, Distrik Navigasi Belawan, pihak Bea dan Cukai Belawan, Imigrasi Belawan serta Kepala Camat Medan Belawan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement