Jumat 06 Oct 2023 13:47 WIB

BUMN Indonesia Re Tanam Lebih dari 8.000 Pohon di Area Kantor

Menteri BUMN Erick Thohir mendorong BUMN menanam pohon.

Jajaran direksi dan karyawan PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) atau Indonesia Re menanam lebih dari 8.000 pohon yang terkemas dalam vertical garden di area gedung Indonesia Re di Jakarta, Jumat (6/10/2023).
Foto: Republika/Firkah Fansuri
Jajaran direksi dan karyawan PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) atau Indonesia Re menanam lebih dari 8.000 pohon yang terkemas dalam vertical garden di area gedung Indonesia Re di Jakarta, Jumat (6/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) atau Indonesia Re menanam lebih dari 8.000 pohon yang terkemas dalam vertical garden di area gedung Indonesia Re. Kegiatan ini merupakan partisipasi aktif Indonesia Re dalam kampanye Gotong Royong Boyong Pohon BUMN yang diprakarsai oleh Kementerian BUMN yang dipimpin oleh Menteri Erick Thohir.

Direktur Manajemen Risiko, Kepatuhan, SDM, dan Corporate Secretary Indonesia Re, Robbi Y Walid, mengatakan, kampanye ini bertujuan untuk menghijaukan wilayah Jabodetabek, khususnya DKI Jakarta, serta memperbaiki kualitas udara. 

Baca Juga

Indonesia Re melibatkan 130 karyawan mulai dari jajaran direksi hingga staf dalam kegiatan penanaman vertical garden ini. “Kegiatan penanaman tanaman vertical garden di gedung Indonesia Re juga merupakan wujud realisasi CSV (creating shared value) bagi perusahaan,” kata Robbi di Jakarta, Jumat (6/10/2023) sesuai acara penanaman pohon.

Menurut Robbi Indonesia Re berkomitmen terhadap kelestarian lingkungan di DKI Jakarta, khususnya di sekitar area lingkungan perusahaan. Udara yang bersih akan berdampak bagi kesehatan karyawan dan masyarakat sekitar.

“Sehingga CSV atas kegiatan penanaman pohon yang merupakan komitmen kami terhadap pembangunan berkelanjutan tercapai,” ujar Robbi.

Dalam hal kawasan perkotaan seperti DKI Jakarta yang sering kali terpapar polusi udara, penanaman pohon menjadi bagian integral dari strategi mitigasi terhadap dampak perubahan iklim. “Pohon-pohon tersebut membantu menjaga keseimbangan ekosistem, mengurangi suhu permukaan, dan meminimalisasi dampak panas yang sering terasa di musim panas,” katanya. 

Indonesia Re juga telah menunjukan komitmennya dalam program perbaikan lingkungan melalui beberapa program lainnya, yaitu penanaman Mangrove di Kepulauan Seribu serta membuat bank sampah dengan mengurangi jumlah sampah yang terbuang langsung ke TPA melalui pengelolaan sampah terintegritas di Mandalika dan Likupang.

Sebelumnya pada acara penanaman pohon di Kementerian BUMN (27/9/23), Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan Ini adalah tindakan nyata dari semua insan BUMN.

“Saya yakin bahwa program ini akan efektif dalam upaya mengurangi polusi udara, berdasarkan prinsip kolaboratif. Saya rasa harus dimulai oleh insan BUMN untuk mengatasi masalah polusi di Jakarta. Penanaman pohon dimulai dari lingkungan kantor BUMN dan seluruh karyawannya. Saya meminta untuk menanam 70 ribu pohon secara serentak melalui gerakan Satu Orang Satu Pohon,” ujar Erick.

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement