Selasa 31 Oct 2023 19:31 WIB

Disebut akan Jadi Pekerjaan Populer di Masa Depan, Apa Itu Green Job?

Perubahan iklim berpotensi menciptakan jutaan pekerjaan hijau.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Green jobs adalah pekerjaan yang ditujukan langsung untuk melindungi lingkungan atau yang berupaya meminimalkan dampak terhadap kesehatan planet.
Foto:

3. Desain

Kebijakan Uni Eropa mengharuskan tingkat daur ulang yang semakin tinggi dan menetapkan kriteria ecodesign yang semakin ketat. Fakta ini, ditambah dengan kesadaran konsumen terhadap lingkungan, telah membuat ecodesign mulai dari kemasan hingga atap bangunan dan berbagai macam produk menjadi sumber pekerjaan yang berkembang pesat.

 

4. Pariwisata

Di tengah masyarakat yang semakin peduli terhadap kesehatan planet ini, pariwisata ekologi atau ekowisata menjadi tren yang meningkat. Sektor ini menciptakan lapangan kerja yang berkaitan dengan kegiatan seperti desain petualangan, penciptaan jalur pegunungan tinggi dan penemuan kawasan lindung, serta pembaruan daerah pedesaan seperti desa ekologi, yang terancam punah.

 

5. Transportasi

Sektor ini bertanggung jawab atas lebih dari 30 persen emisi CO2 di Uni Eropa (UE), 72 persen di antaranya berasal dari transportasi darat. Banyak negara telah mengadopsi langkah-langkah untuk mengurangi emisi transportasi secara drastis. Uni Eropa akan mengurangi emisi sebesar 60 persen dibandingkan dengan tingkat emisi pada tahun 1990 pada tahun 2050, menciptakan peluang kerja di sektor kendaraan listrik, angkutan umum dan pengangkutan barang dengan kereta api listrik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement