Rabu 08 Nov 2023 10:25 WIB

10 Kota Paling Ramah Lingkungan di Dunia, Bisa Jadi Tujuan Wisata

Kota-kota ramah lingkungan di dunia mayoritas berada di Eropa.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Suasana kota Gothenberg, Swedia.
Foto: www.freepik.com
Suasana kota Gothenberg, Swedia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Destinasi yang memprioritaskan keberlanjutan mulai dilirik para wisatawan di seluruh dunia. Global Destination Sustainability Movement telah memberi peringkat kota-kota ramah lingkungan terbaik di dunia setiap tahunnya. Peringkat ini bertujuan menyoroti kota-kota yang lebih ramah lingkungan untuk dikunjungi oleh para pelancong.

Destinasi dievaluasi dalam empat bidang utama yaitu kinerja lingkungan, yang mencakup kebijakan kota untuk hal-hal seperti transportasi umum, emisi karbon, dan sumber energi terbarukan; kinerja sosial, yang mencakup faktor-faktor seperti kesehatan dan kebugaran; manajemen destinasi; dan keberlanjutan pemasok di seluruh industri pariwisata, seperti bandara, hotel, dan restoran di kota tersebut.

Baca Juga

"Upaya setiap destinasi yang melibatkan rencana aksi iklim, edukasi, pelibatan masyarakat, inisiatif keberagaman, dan pengukuran menciptakan efek riak, yang menginspirasi tindakan positif lebih lanjut di komunitas lokal mereka dan di seluruh dunia," demikian laporan GDSM, seperti dilansir CNTraveler, Rabu (8/11/2023).

Dari daftar yang dirilis GDSM pada tahun 2023, kota ramah lingkungan terbaik mayoritas berada di kawasan Eropa. Untuk lebih jelasnya, berikut daftar kota ramah lingkungan yang masuk dalam 10 terbaik menurut penilaian GDSM. 

1. Gothenburg, Swedia

Gothenburg mendapat gelar sebagai destinasi paling berkelanjutan di dunia untuk ketujuh kalinya. Kota yang tersebar di sebuah kepulauan ini merupakan salah satu kota yang paling gencar dalam hal kebijakan lingkungan. Salah satu proyeknya yang paling ambisius, Gothenburg Green City Zone, menguji coba transportasi dan infrastruktur baru yang berkelanjutan dengan tujuan membuat zona tersebut benar-benar bebas emisi pada tahun 2030. 

Bandara di kota ini memiliki sertifikat Airport Carbon Accreditation tertinggi dan pesawat ulang-aliknya menggunakan bahan bakar minyak rapa. Pulau-pulau di bagian selatan kota ini benar-benar bebas dari kendaraan bermotor dan hanya dapat diakses dengan transportasi umum. Dengan skor 94,64, tidak sulit untuk melihat mengapa kota Skandinavia yang cantik ini disebut-sebut sebagai salah satu kota paling hijau di dunia.

 

2. Oslo, Norwegia

Ibu kota Norwegia ini melompat jauh dari posisi ke-10 tahun lalu untuk menempati posisi kedua dalam daftar tahun 2023. Meskipun merupakan kota yang berkembang dengan lebih dari 600 ribu penduduk, Oslo terletak di antara alam yang masih alami seperti hutan dan fjord yang sangat dilindungi dengan kebijakan ramah lingkungan. Bus-bus umum semakin banyak yang menggunakan tenaga listrik dan bahan bakar nabati, dan terdapat lebih dari 5.000 stasiun pengisian kendaraan listrik di seluruh kota. Sebanyak 94 persen hotel di kota ini memiliki sertifikasi ramah lingkungan, sementara restorannya berfokus pada sajian yang lebih ramah lingkungan.

 

3. Copenhagen, Denmark

Meskipun merupakan kota yang sibuk, Copenhagen memiliki air yang sangat bersih di pelabuhannya, sehingga penduduk setempat dapat berenang setiap musim panas. Ini adalah visual yang kuat untuk langkah-langkah keberlanjutannya, yang merupakan salah satu yang paling agresif di dunia: 74 persen listrik di Copenhagen bersumber dari sumber yang berkelanjutan dan hanya empat persen sampah yang berakhir di tempat pembuangan sampah kota. Kopenhagen menargetkan untuk menjadi ibu kota netral karbon pertama di dunia hanya dalam waktu dua tahun.

 

4. Helsinki, Finlandia

Naik peringkat dari posisi ke-12 tahun lalu, Helsinki telah menetapkan standar tinggi untuk menurunkan emisinya sebesar 60 persen dibandingkan dengan tingkat emisi tahun 1990 pada tahun 2030 dan menjadi kota netral karbon pada tahun 2035. Upaya ini menghasilkan skor keseluruhan 90,49.

 

5. Bergen, Norwegia

Berada di posisi lima besar adalah Bergen dengan skor total 90,15, sebagian besar berkat pilihan transportasi ramah lingkungan yang tersedia secara luas. Kota ini memiliki salah satu tingkat per kapita kendaraan listrik terbesar di dunia, termasuk taksi, mobil sewaan, dan bus wisata. Feri listrik dan kapal wisata fyord berlabuh di pelabuhan kota, yang memiliki persentase kapal listrik terbesar di dunia. Wisatawan juga dapat menggunakan kereta api Bergen untuk perjalanan wisata yang indah dan ramah lingkungan melalui fyord-fyord di sekitarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement