Senin 04 Dec 2023 15:04 WIB

Dukung Pelestarian Lingkungan, BRI Life Tanam dan Bagikan Bibit Pohon di HPN 2023

BRI Life bekerjasama dengan Family Farm Lembang selaku mitra binaan balai besar

 BRI Life menyemarakkan Hari Menanam Pohon Nasional yang diperingati setiap 28 November untuk meningkatkan kesadaran akan pelestarian lingkungan.
Foto: dok BRI Life
BRI Life menyemarakkan Hari Menanam Pohon Nasional yang diperingati setiap 28 November untuk meningkatkan kesadaran akan pelestarian lingkungan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- BRI Life menyemarakkan Hari Menanam Pohon Nasional yang diperingati setiap 28 November untuk meningkatkan kesadaran akan pelestarian lingkungan.

Plt Direktur Utama BRI Life I Dewa Gede Agung menjelaskan, kegiatan ini merupakan upaya BRI Life untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat agar berperan aktif dalam menjaga lingkungan, dengan melakukan penanaman pohon dan menjaga kelestarian sekitar tempat tinggalnya.

“Hari Menanam Pohon Nasional yang diperingati setiap 28 November, memberikan kesadaran dan kepedulian kepada masyarakat tentang pentingnya pemulihan kerusakan sumber daya hutan dan lahan serta lingkungan melalui penanaman pohon,” tutur Dewa melalui siaran pers, Ahad (3/12/2023).

Di Jawa Barat, BRI Life bekerjasama dengan Family Farm Lembang selaku wadah dari mitra binaan Balai Besar Pelatihan Pertanian, Dinas Pertanian Kabupaten Bandung Barat. BRI Life juga melaksanakan Pengadaan Green House dengan Intalansi Irigasi Tetes di Kabupaten Bandung Barat.

 

Kegiatan ini dimaksudkan untuk memanfaatkan lahan dan mengoptimalkan penggunaan air pengurai nutrisi dalam media arang sekam dan cocopit, sehingga menciptakan peluang usaha baru bagi masyarakat sekitar.

Sementara di Jawa Timur, BRI Life bekerjasama dengan Kelompok Tani Hutan Desa Tambakrejo Kecamatan. Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang dan dibantu Yayasan Profauna Indonesia memberikan bantuan berupa pembeian bibit buah mangga, sirsak dan nangka, selain itu BRI Life juga membantu biaya pendirian Pondok Petani di wilayah tersebut.

Pemberian bibit tersebut diikuti dengan pendampingan yang dilakukan untuk memastikan bibit yang ditanam dapat tumbuh dengan baik. Diharapkan kerja sama ini dapat membantu petani untuk menanam pohon yang mempunyai nilai ekonomis, sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar hutan dan juga sebagai daya tarik wisata nantinya pada jalur lintas selatan Jawa.

Selanjutnya di Yogjakarta, bekerjasama dengan Kelompok Tani Hutan Pemerintahan Desa Turunan, Kelurahan Girisuko, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, BRI Life juga melakukan penghijauan melalui Penanaman Bibit Tanaman Alpukat.

“Banyak manfaat yang didapat dengan menanam pohon, selain dapat mengurangi dampak erosi karena tanaman pohon memiliki akar yang dalam sehingga mengikat air dan tanah, pohon buah-buahan yang ditanam kelak  jika dirawat dengan baik buahnya akan memberikan manfaat ekonomis bagi masyarakat setempat. Kita dapat meminimalisir  kerusakan hutan sekaligus memberikan nilai tambah kepada masyarakat," tutur Dewa.

Selain program tanam pohon di tiga wilayah tersebut, masih dalam rangka peringatan Hari Pohon Nasional, BRI Life juga bagi-bagi bibit tanaman/tanaman hias kepada nasabah yang melakukan kunjungan di sepuluh titik kantor layanan BRI Life di Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement