Senin 04 Dec 2023 16:15 WIB

Perubahan Iklim Buat Pertanian dan Ketahanan Pangan Kian Terancam

Perubahan iklim mengancam kemampuan dunia untuk memroduksi makanan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Perubahan iklim mengancam kemampuan dunia untuk memproduksi makanan yang cukup dan memastikan semua orang memiliki akses terhadap makanan tersebut.
Foto: www.freepik.com
Perubahan iklim mengancam kemampuan dunia untuk memproduksi makanan yang cukup dan memastikan semua orang memiliki akses terhadap makanan tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seiring dengan memburuknya dampak kekeringan yang berkepanjangan hingga suhu panas ekstrem, perubahan iklim mengancam kemampuan dunia untuk memproduksi makanan yang cukup dan memastikan semua orang memiliki akses terhadap makanan tersebut.

Pada Konferensi Iklim PBB ke-28 atau COP28 di Dubai, lebih dari 130 pemimpin negara menyerukan agar sistem pangan global dan nasional dapat dipikirkan kembali, mengingat perubahan iklim semakin menantang. Ini sekaligus menjadi pengakuan resmi atas meningkatnya kekhawatiran tentang ketahanan pangan dan emisi dari sektor pertanian.

Baca Juga

Bagaimana perubahan iklim mengancam ketahanan pangan? Ketika emisi bahan bakar fosil memanaskan planet ini, emisi tersebut mendorong terjadinya cuaca yang lebih ekstrem mulai dari hujan lebat, kekeringan, gelombang panas, hingga kenaikan permukaan air laut secara bertahap. Semua itu dapat memengaruhi hasil panen, merusak lahan pertanian, dan mempersulit petani untuk bekerja.

Iklim yang memanas juga membawa penyakit dan hama tanaman ke lokasi baru atau membuat serangan menjadi lebih parah, merusak lebih banyak panen dan mengurangi hasil panen. Masalah-masalah tersebut, ditambah dengan tekanan lain pada sistem pangan, mulai dari meningkatnya konflik hingga pembatasan ekspor hasil panen oleh negara-negara penghasil pangan dan spekulasi di pasar, menyebabkan harga pangan menjadi semakin tidak terjangkau dan semakin banyak orang yang kelaparan.

Program Pangan Dunia PBB memperkirakan bahwa 333 juta orang menghadapi kerawanan pangan akut pada tahun 2023 di 78 negara tempat mereka bekerja, sebuah peningkatan besar dari sekitar 200 juta orang sebelum pandemi COVID-19.

Kegagalan panen bukanlah fenomena baru, dan surplus di beberapa wilayah biasanya membantu menutupi kekurangan pangan di wilayah lain. Tetapi para ilmuwan khawatir dampak iklim yang lebih kuat dapat mendorong kegagalan panen secara bersamaan di seluruh lumbung pangan utama dunia, yang mengakibatkan peningkatan kelaparan global dengan cepat.

Untuk mengatasi ancaman ini, banyak petani yang beradaptasi dengan iklim ekstrem dengan berbagai cara, mulai dari membangun irigasi untuk menampung air banjir dan menyimpannya untuk musim kemarau, hingga mengadopsi benih baru yang lebih ramah lingkungan dan menanam tanaman yang tahan banting. Namun, beberapa tantangan seperti gelombang panas yang lebih sering dan ekstrem dapat menyulitkan petani untuk bekerja di luar ruangan.

Dana untuk membantu petani skala kecil - yang memasok sekitar sepertiga makanan dunia - untuk beradaptasi dengan risiko iklim juga menurun drastis. Pada tahun 2021, mereka hanya menerima sekitar 2 miliar dolar AS, atau 0,3 persen dari total pendanaan iklim internasional dari sumber publik dan swasta, menurut lembaga think tank yang berbasis di Amsterdam, Climate Focus.

Dengan sedikitnya bantuan, banyak petani seperti itu harus membayar sendiri biaya adaptasi iklim. Survei Climate Focus terhadap 13 negara di Asia, Afrika dan Amerika Latin menemukan bahwa hampir 440 juta rumah tangga petani skala kecil sekarang menghabiskan sekitar 368 miliar dolar AS per tahun untuk biaya adaptasi.

Para analis mengatakan bahwa upaya untuk menopang ketahanan pangan global juga perlu menjangkau lebih dari sekadar pertanian, untuk mencoba mengendalikan spekulan di pasar pangan, mencegah pembatasan ekspor, dan mengubah sistem bantuan kemanusiaan yang semakin kewalahan, demikian seperti dilansir Arab News, Senin (4/12/2023).

Memperluas lahan pertanian atau meningkatkan penggunaan pupuk berbasis bahan bakar fosil dan mengembangkan varietas tanaman baru, telah lama menjadi cara yang diterima untuk menghasilkan lebih banyak makanan. Namun, perluasan lahan pertanian sering kali mengorbankan hutan dan ekosistem alami lainnya yang sangat penting untuk dilestarikan karena vegetasi mereka menyerap dan menyimpan emisi karbon dioksida yang memanaskan iklim, sehingga dapat membantu mengurangi perubahan iklim.

Sebagai contoh, hampir 20 persen dari hutan hujan Amazon yang luas kini telah hilang, sebagian besar karena pertanian kedelai dan peternakan. Para ilmuwan khawatir bahwa deforestasi tambahan dari waktu ke waktu dapat mengubah hutan menjadi sabana kering, mengancam curah hujan untuk pertanian di seluruh Amerika Selatan - dan menyabotase tujuan perlindungan iklim dan keanekaragaman hayati dunia.

Upaya untuk mengintensifkan jumlah makanan yang ditanam di lahan tertentu telah menunjukkan beberapa keberhasilan, tetapi seringkali membutuhkan pupuk berbasis bahan bakar fosil yang mahal dalam jumlah besar. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, metode pertanian yang lebih ramah lingkungan mulai mendapatkan pengikut baru, dari Amerika Serikat hingga India.

Namun, para analis pangan mengatakan bahwa cara terbaik untuk meningkatkan pasokan global bukanlah dengan menanam lebih banyak, melainkan dengan mengurangi jumlah makanan yang terbuang setiap tahunnya.

Meskipun dunia memproduksi cukup makanan untuk semua orang, sekitar sepertiganya hilang atau terbuang di sepanjang rantai pasokan dari ladang hingga ke meja makan, menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yang mengatakan bahwa rata-rata orang membuang 74 kilogram makanan setiap tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement