Rabu 13 Dec 2023 07:07 WIB

Pahami Apa Itu Pemanasan Global yang Kian Mengancam Manusia

Dampak buruk pemanasan global juga dirasakan makhluk hidup lain di dunia.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Pemanasan global yang diakibatkan perubahan iklim juga dapat membawa efek dan dampak buruk bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya di Bumi.
Foto:

4. Kepunahan hewan

Bukan hanya manusia, hewan juga ikut terdampak. Ketika daratan dan lautan mengalami perubahan yang cepat, hewan-hewan yang menghuninya akan punah jika mereka tidak beradaptasi dengan cepat. Sebagian akan berhasil, dan sebagian lagi tidak. Menurut Laporan Penilaian Keenam Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim, risiko kepunahan spesies meningkat tajam seiring dengan peningkatan suhu global.

Selain itu, sebuah studi tahun 2015 menunjukkan bahwa spesies vertebrata (hewan bertulang belakang, seperti ikan, burung, mamalia, amfibi, dan reptil) juga menghilang lebih dari 100 kali lebih cepat daripada laju kepunahan alami, akibat perubahan iklim, polusi, dan deforestasi yang disebabkan oleh manusia.

 

5. Naiknya permukaan laut

Wilayah kutub sangat rentan terhadap atmosfer yang memanas. Suhu rata-rata di Kutub Utara meningkat dua kali lebih cepat dibandingkan dengan suhu di tempat lain di dunia, dan lapisan es di dunia mencair dengan cepat. Dampak yang paling serius adalah naiknya permukaan air laut. Pada tahun 2100, diperkirakan lautan kita akan naik satu hingga empat meter lebih tinggi, mengancam sistem pesisir dan daerah dataran rendah, yang mencakup seluruh negara kepulauan dan kota-kota terbesar di dunia, termasuk Los Angeles, Miami, New York City di Amerika Serikat; Mumbai di India; Rio de Janeiro, dan Sydney Australia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement