Senin 18 Dec 2023 09:52 WIB

Terapkan ESG, Pupuk Indonesia Tanam Ribuan Mangrove di Jakarta Utara

Sebanyak 2.023 mangrove ditanam di kawasan Taman Wisata Alam Mangrove.

PT Pupuk Indonesia (Persero) melakukan penerapan environmental, social, and governance (ESG) yang diwujudkan melalui kegiatan penanaman 2.023 pohon mangrove integritas.
Foto: Dok. Pupuk Indonesia
PT Pupuk Indonesia (Persero) melakukan penerapan environmental, social, and governance (ESG) yang diwujudkan melalui kegiatan penanaman 2.023 pohon mangrove integritas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam rangka memperingati Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) tahun 2023, PT Pupuk Indonesia (Persero) terus melakukan penguatan budaya antikorupsi dalam memupuk nilai integritas. Salah satunya ditunjukkan dengan kepedulian terhadap lingkungan, sebagai salah satu penerapan environmental, social, and governance (ESG) yang diwujudkan melalui kegiatan penanaman 2.023 pohon mangrove integritas.

Sebanyak 2.023 pohon mangrove ditanam di dua lokasi, yaitu 1.873 pohon mangrove integritas ditanam di Kawasan Ekowisata Mangrove dan 150 mangrove integritas di tanam di Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk, Jakarta Utara.

Baca Juga

Direktur Manajemen Risiko Pupuk Indonesia Ninis Kesuma Adriani menyatakan bahwa kegiatan penanaman mangrove integritas memiliki makna penting karena mengajarkan bahwa nilai integritas harus ditanamkan dan dipraktikan dalam diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar sejak dini.

"Mari kita manfaatkan kesempatan ini untuk memperkuat komitmen kita pada prinsip-prinsip kejujuran, akuntabilitas, dan perilaku etis. Dengan menanam  pohon mangrove ini, kita menanam benih perubahan dan pertumbuhan positif, dan keteduhan dari pohon ini menjadi pengingat menjadi pelindung kita bahwa kita berintegritas," ungkap Ninis, dalam keterangan tertulis, Senin (18/12/2023).

Dalam mendukung budaya antikorupsi, dikatakan Ninis dapat dimulai dari lingkungan keluarga. Karena, lingkungan keluarga menjadi sangat vital sebagai persemaian nilai-nilai integritas pada anak sebagai bekal kelak menjadi bagian dari masyarakat. Hal ini sama dengan tujuan penanaman mangrove yang telah dilaksanakan Pupuk Indonesia, pohon menjadi kokoh dengan akar yang menancap ke bumi dapat mencegah erosi dan menjadi pelindung bagi banyak biota di sekitar tanaman.

"Seperti itu juga yang kita harapkan pada seluruh keluarga Insan Pupuk Indonesia. Dari bibit-bibit integritas yang tumbuh di rumah tangga kita, kelak akan muncul anak-anak muda yang jujur, profesional, yang berintegritas, dan abdi negara yang beretika tinggi, yang akan membawa banga Indonesia menjadi bangsa besar yang berintegritas tinggi serta bebas dari korupsi," kata Ninis.

Penanaman pohon mangrove integritas ini bekerja sama dengan Kelompok Tani Hutan Flora Mangrove, yang merupakan salah satu bentuk penerapan program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL). Kegiatan penanaman mangrove diikuti oleh perwakilan Dewan Komisaris, Direksi, Istri Karyawan, serta Karyawan Pupuk Indonesia. Hal ini bertujuan untuk mendukung terciptanya sinergi lintas fungsi dalam menanamkan integritas dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

"Ini bentuk nyata kontribusi Pupuk Indonesia dalam pelestarian lingkungan melalui reboisasi hutan mangrove sebagai salah satu tanggung jawab kita terhadap lingkungan. Marilah kita semua bersama-sama berjuang di dunia ini agar integritas menang seluruh masyarakat senang dan lingkungan kita berkembang," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement