Selasa 19 Dec 2023 07:55 WIB

Melirik Cara Belanda Tangani Banjir dan Dampak Perubahan Iklim

Belanda merancang banyak solusi melindungi warganya dari banjir dan perubahan iklim.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Rotterdam telah merancang banyak solusi untuk melindungi warganya dari banjir dan perubahan iklim (Foto: suasana kota Rotterdam).
Foto: www.freepik.com
Rotterdam telah merancang banyak solusi untuk melindungi warganya dari banjir dan perubahan iklim (Foto: suasana kota Rotterdam).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meskipun posisinya genting di tepi Laut Utara, Rotterdam dipandang sebagai salah satu kota delta teraman di dunia. Dari teknologi penghalang gelombang badai Maeslantkering hingga kantor terapung, Rotterdam telah merancang banyak solusi untuk melindungi warganya dari banjir dan perubahan iklim.

Solusi-solusi ini memiliki fungsi lain yang kurang dikenal: meningkatkan upaya 'diplomasi air' Belanda dan mendatangkan bisnis bagi perusahaan-perusahaan teknik Belanda. Kemajuan kota ini telah dipamerkan dalam konferensi iklim COP28 di Dubai pekan lalu, di mana walikota Rotterdam, Ahmed Aboutaleb, bertemu dengan perwakilan kota lainnya.

Baca Juga

Aboutaleb mengatakan bahwa pengelolaan air adalah sebuah keharusan di Rotterdam. "85 persen wilayah kota ini terletak hingga tujuh meter di bawah permukaan laut. Rotterdam perlu beradaptasi dan berinvestasi untuk 'bertahan hidup' dan dalam konteks ini, kami sangat menghargai pertukaran pengetahuan internasional,” kata dia seperti dilansir Euronews, Selasa (19/12/2023).

Pertukaran pengetahuan yang paling terkenal adalah C40 cities network. Para walikota dari hampir 100 kota berbagi praktik terbaik untuk mengurangi emisi dan melindungi masyarakat dari dampak perubahan iklim.

Pada bulan November 2023, jaringan ini membentuk 'Water Safe Cities Accelerator'. 16 kota, termasuk Rotterdam, Buenos Aires, dan New York, berjanji untuk melindungi masyarakat yang paling rentan dari banjir dan kekeringan pada tahun 2027 melalui sistem peringatan dini yang komprehensif dan rencana tanggap darurat yang kuat.

Apa yang dilakukan Rotterdam di COP28? Di COP28, kota Rotterdam berkolaborasi dengan Kementerian Infrastruktur & Air Belanda untuk mempromosikan ketahanan iklim perkotaan. Di UEA, Aboutaleb juga bertemu dengan kepala Otoritas Lingkungan Hidup dari Fujairah, sebuah provinsi di UEA, untuk membahas isu-isu seperti keselamatan kebakaran di pelabuhannya.

"Topik penting lainnya adalah memposisikan Rotterdam sebagai pusat hidrogen di Eropa," tambah Aboutaleb.

Rotterdam adalah rumah bagi klaster industri terbesar di Eropa barat laut, Pelabuhan Rotterdam. Rumah bagi lima kilang minyak, terminal LNG, berbagai perusahaan kimia, dan transhipment batu bara, pelabuhan ini mengeluarkan 16-20 persen dari semua emisi CO2 Belanda.

Dalam C40, Rotterdam memimpin jaringan kota-kota delta, yang secara khusus berfokus pada solusi untuk kota-kota yang terpapar secara geografis. Para walikota mendiskusikan isu-isu pengelolaan air seperti kenaikan permukaan laut atau banjir di pesisir dan saling bertukar ide cemerlang.

Selama beberapa dekade, pelabuhan ini tidak mencoba bersaing dengan pelabuhan dunia yang lebih besar dalam hal volume, dan lebih berfokus pada ekspor pengetahuan khusus. Transisi energi terbukti menjadi salah satu opsi yang paling menjanjikan, dengan pelabuhan yang kini menyelenggarakan kursus dan menjadi tuan rumah KTT Hidrogen Global (World Hydrogen Summit).

“Sebagai pemangku kepentingan Otoritas Pelabuhan Rotterdam, pemerintah kota ingin melakukan bagian kami dalam memenuhi tujuan iklim, memperbarui ekonomi lokal, dan meningkatkan keamanan energi Eropa. Kami bekerja sama untuk mengembangkan rantai nilai berdasarkan listrik ramah lingkungan, hidrogen, dan karbon sirkular untuk menggantikan penggunaan dan keluaran bahan bakar fosil saat ini,” jelas Aboutaleb.

 

Apa itu diplomasi air Belanda?

Kegiatan Rotterdam merupakan bagian penting dari 'diplomasi air' Belanda - upaya untuk memposisikan sebuah negara secara internasional sebagai ahli air dan dengan demikian, berperan dalam mengurangi konflik atas sumber daya air.

Lembaga think tank Netherlands Institute of Foreign Relations Clingendael menyarankan diplomasi air sebagai ceruk kebijakan luar negeri dalam laporannya pada tahun 2011. Sejak tahun 2015, Belanda memiliki duta besar air, atau Utusan Khusus untuk Urusan Air Internasional.

Rotterdam menjadi tuan rumah bagi Global Center on Adaptation, yang ditambatkan di kantor terapung pertama di dunia. Tahun lalu, kota ini menjadi tuan rumah Africa Adaptation Summit, di mana para kepala negara Afrika dan pemimpin organisasi multilateral membahas kebutuhan benua itu akan pendanaan iklim. Dalam pidato pembukaannya, Aboutaleb menggambarkan Rotterdam sebagai laboratorium adaptasi iklim.

Manfaat ekonomi dari posisi Belanda sebagai ahli air sangat signifikan, dan Rotterdam kembali memainkan peran besar.

"Kerangka kerja kebijakan internasional Rotterdam berfokus pada promosi perdagangan dan investasi. Dengan adanya tujuan kebijakan ini, kota ini berusaha untuk berkolaborasi dengan bisnis dan lembaga pengetahuan dalam kegiatan internasionalnya, juga di sektor air,” kata Aboutaleb.

Setiap solusi untuk perubahan iklim yang dipamerkan oleh kota ini memiliki fungsi ganda, yaitu melindungi dan mempromosikan kota. Menurut Jeroen Kramer, juru bicara di pusat pengunjung di Maeslantkering, setiap kali terjadi bencana alam terkait air di suatu tempat di dunia, delegasi asing dari negara tersebut akan segera datang.

Hal ini menguntungkan perusahaan-perusahaan teknik Belanda. Beberapa tahun setelah mengembangkan strategi adaptasi iklim pertamanya dengan dukungan Rotterdam, Kota Ho Chi Minh, Vietnam, memprakarsai kemitraan pemerintah-swasta untuk perlindungan banjir. Sebuah konsorsium perusahaan Belanda, termasuk Royal HaskoningDHV, Van Oord, dan CDR International BV, mengembangkan rencana bisnis untuk kota tersebut.

Namun, upaya pengelolaan air Rotterdam menjadi ironis mengingat hubungan erat kota ini dengan Pelabuhan Rotterdam. Sebagai pemegang saham mayoritas, pemerintah kota menerima sekitar 92,6 juta euro dividen pada tahun 2022. Jumlah ini cukup untuk membiayai semua kegiatan adaptasi iklim kota saat ini, seperti program adaptasi iklim kota Rotterdam Weerwoord, atau memperkuat sistem pembuangan limbah, dan masih ada sisa dana.

Jejak gas rumah kaca pelabuhan yang luas menimbulkan pertanyaan apakah tidak lebih baik untuk fokus pada mitigasi emisi terlebih dahulu daripada berfokus pada adaptasi iklim. Terutama karena sebagian besar area pelabuhan terletak tidak lebih dari tiga meter di atas permukaan laut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement