Jumat 22 Dec 2023 06:56 WIB

Jaga Lingkungan, Ini 6 Tips Terapkan Wisata Berkelanjutan

Wisata berkelanjutan adalah membuat pilihan cerdas dalam setiap aspek perjalanan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Wisata berkelanjutan adalah tentang membuat pilihan yang lebih cerdas dalam setiap aspek perjalanan.
Foto:

5. Belanjakan uang Anda ke produk lokal

Jika Anda memilih akomodasi milik warga lokal, makan di restoran independen, membeli produk buatan lokal, dan memilih pengalaman lokal, Anda bisa memberikan dampak positif. Perusahaan sosial perjalanan seperti I Like Local menggunakan uang turis untuk menciptakan pendapatan yang berkelanjutan bagi pemandu dan tuan rumah lokal di 19 negara di Asia dan Afrika.

“Karena banyak penduduk lokal di Asia dan Afrika yang tidak mendapatkan keuntungan dari pariwisata di negara mereka dan semakin banyak pelancong yang mencari pengalaman perjalanan yang otentik, kami menghubungkan titik-titik tersebut. Wisatawan seperti Anda bisa bergabung dengan kehidupan lokal dan penduduk setempat mendapatkan 100 persen dari uang yang dia minta untuk pengalaman tersebut,” kata founder I Like Local, Sanne Meijboom.

 

6. Pilihlah pengalaman bersama satwa dengan hati-hati

Bahkan swafoto yang 'tidak berbahaya' pun dapat mengancam satwa liar. Menurut lembaga amal World Animal Protection (WPA), hewan-hewan di Amazon direnggut dari alam liar agar para turis dapat berfoto selfie untuk Instagram dan media sosial lainnya.

Hewan seharusnya tidak digunakan untuk hiburan manusia dan mereka harus hidup sebebas mungkin dari campur tangan manusia. Jika Anda ingin melihat hewan liar di habitat aslinya, pilihlah tempat yang menawarkan interaksi dengan hewan secara etis dan berkelanjutan seperti suaka gajah dan proyek sukarelawan konservasi laut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement