Jumat 19 Jan 2024 12:17 WIB

Antisipasi Bencana di Tengah Cuaca Ekstrem, Pantau Lewat 7 Aplikasi Ini

Beberapa aplikasi ini berguna untuk mengantisipasi situasi terkni ancaman bencana.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Beberapa aplikasi sangat berguna di tengah ancaman bencana dan cuaca ekstrem.
Foto: www.freepik.com
Beberapa aplikasi sangat berguna di tengah ancaman bencana dan cuaca ekstrem.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perubahan iklim dan pemanasan global telah memicu peningkatan peristiwa cuaca dan bencana ekstrem di berbagai belahan dunia, tak terkecuali Indonesia. Badan Nasional Penanggulangan Bencana mencatat, tren kenaikan jumlah kejadian bencana alam di Indonesia mengalami kenaikan hingga 82 persen selama 2010 hingga 2022.

Oleh karena itu, penting bagi setiap individu untuk lebih waspada, terlebih di setiap daerah Indonesia memiliki potensi bencana yang berbeda-beda sesuai dengan letak geografisnya. Sebagai salah satu bentuk kewaspadaan, kini Anda dapat mengunduh aplikasi di gawai masing-masing untuk mengetahui semua informasi mengenai bencana alam hingga pertolongan pertama yang bisa dilakukan.

Baca Juga

Berikut ini beberapa aplikasi yang sangat berguna di tengah ancaman bencana dan cuaca ekstrem.

1. Info BMKG

Aplikasi ini dapat dengan mudah diunduh di App Store ataupun Play Store. Aplikasi ini dioperasikan langsung oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), dan akan menginformasikan secara real time terkait prakiraan cuaca setiap harinya. Selain itu, juga menyediakan informasi terbaru kejadian gempa bumi dengan magnitude di bawah 5.0, gempa bumi yang signifikan, dan potensi tsunami secara real time.

Info BMKG juga akan menyediakan informasi mengenai informasi informasi kebakaran hutan dan lahan, informasi iklim, kualitas udara, meterologi maritim, hingga indeks ultraviolet.

 

2. Earthquake

Earthquake merupakan aplikasi yang menyediakan informasi terkini kejadian gempa di seluruh dunia. Aplikasi ini bisa memberikan informasi kejadian gempa bumi secara real-time berdasarkan informasi dari lembaga-lembaga resmi dunia.

Pengguna juga bisa melihat peta dengan ukuran dan lingkaran berwarna yang berbeda untuk mewakili besaran dan waktu peristiwa gempa bumi. Kita juga mengatur informasi berdasarkan area, baik negara maupun benua, sesuai dengan kebutuhan pengguna. Aplikasi ini bisa diunduh di App Store.

 

3. WRS-BMKG

Aplikasi ini dioperasikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang secara khusus bertujuan untuk menyebarluaskan informasi gempa bumi dengan magnitude lebih dari 5.0, tsunami, dan gempa bumi yang dirasakan di wilayah Indonesia.

WRS-BMKG memiliki beberapa fitur termasuk peta guncangan, petra prakiraan waktu kedatangan tsunami, peta prakiraan tinggi permukaan laut maksimum, perkiraan level warning pada zona warning, hingga tabular perkiraan level warning.

 

4. InaRISK Personal

Aplikasi ini membantu pengguna untuk mengetahui potensi dan risiko bencana di wilayah masing-masing. Aplikasi yang dikembangkan berdasar pada penelitian BNP bersama Kementerian/lembaga terkait ini, juga akan memberikan informasi terkait upaya-upaya yang dapat dilakukan secara bentuk kewaspadaan diri setiap individu. Aplikasi ini bisa diunduh di Google Play.

 

5. Sistem Peringatan Dini Banjir

Aplikasi ini dioperasikan oleh Pusdatin DSDA Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan bisa diunduh di Google Play. Aplikasi ini akan menampilkan informasi status tinggi air sungai-sungai di Jakarta, menampilkan informasi grafik tinggi muka air selama 24 jam terakhir, menampilkan Informasi prakiraan cuaca wilayah Jabodetabek (Data dari BMKG), serta memberikan notifikasi terkait status siaga pintu air.

 

6. Volcanoes & Earthquakes

Volcanoes & Earthquakes menampilkan informasi gempa bumi terbaru di seluruh dunia, dan gunung berapi yang sedang meletus atau gunung berapi aktif di seluruh dunia. Aplikasi yang memperoleh data dari berbagai lembaga seperti British Geological Survey (BGS) dan Geoscience Australia, memiliki data lebih dari 1.600 gunung berapi aktif dan tidak aktif.

Pengguna dapat menyaring dan menampilkan data dengan berbagai cara, misalnya berdasarkan kekuatan atau usia gempa bumi, jarak dari lokasi Anda, status gunung berapi, dan banyak lagi.

 

7. MAGMA Indonesia

MAGMA Indonesia merupakan aplikasi yang menyajikan informasi dan rekomendasi secara real time mengenai bencana geologi di Indonesia yang meliputi gunung api, gerakan tanah, gempa bumi, serta tsunami. Aplikasi ini dikembangkan secara mandiri oleh Tim Pengembang PNS di Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi, Kementerian Energi, dan Sumber Daya Mineral. MAGMA Indonesia dibangun untuk melayani masyarakat Indonesia dan masyarakat internasional.

MAGMA Indonesia merupakan terobosan baru yang dikembangkan Indonesia dalam rangka upaya mitigasi bencana geologi. Aplikasi ini bisa diunduh di Google Play.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement