Selasa 23 Jan 2024 07:57 WIB

Hadapi Puncak Musim Hujan, Pantau Cuaca Lewat 7 Aplikasi Ini

Memantau cuaca melalui aplikasi bisa menjadi bentuk antisipasi cuaca ekstrem.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Puncak musim hujan diprediksi akan terjadi pada akhir Februari, ada baiknya memantau cuaca melalui aplikasi sebagai bentuk antisipasi cuaca ekstrem.
Foto: www.freepik.com.
Puncak musim hujan diprediksi akan terjadi pada akhir Februari, ada baiknya memantau cuaca melalui aplikasi sebagai bentuk antisipasi cuaca ekstrem.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Puncak musim hujan 2023/2024 di sebagian besar wilayah Indonesia diprakirakan terjadi pada Januari dan Februari 2024, menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Sebagai bentuk antisipasi ketika hendak bepergian, penting untuk mengetahui prakiraan kondisi cuaca di wilayah yang akan dituju.

Untungnya, saat ini ada banyak aplikasi yang bisa membantu untuk memberikan informasi prakiraan cuaca yang akurat setiap harinya. Berikut ini beberapa aplikasi yang diunduh untuk mengetahui prakiraan cuaca.

Baca Juga

1. Info BMKG

Aplikasi yang dioperasikan oleh BMKG ini akan memberikan informasi secara real time setiap harinya terkait prakiraan cuaca, baik itu hujan maupun suhu panas. Melalui aplikasi ini, BMKG akan menyajikan informasi prakiraan cuaca dalam 7 harian di seluruh kecamatan di Indonesia. Aplikasi ini tersedia di Google Play, Play Store, dan App Store.

 

 

2. AccuWeather

Ini merupakan aplikasi prakiraan cuaca global yang telah digunakan oleh lebih dari 1,5 miliar orang di dunia. AccuWeather menyediakan prakiraan cuaca yang akurat dalam lebih dari 100 bahasa dan dialek untuk semua lokasi di seluruh dunia.

AccuWeather juga menyediakan informasi dan berita cuaca terbaru termasuk fitur unik dan berhak milik seperti AccuWeather MinutesCast, perkiraan presipitasi per menit selama dua jam ke depan yang khusus untuk alamat atau lokasi GPS Anda. Fitur ini menyajikan ringkasan 120 menit yang menguraikan jenis dan intensitas presipitasi, serta awal dan akhir waktu presipitasi yang terjadi di lokasi pengguna.

 

3. Weather Live

Aplikasi ini menyajikan prakiraan cuaca secara real time serta tekanan udara dan kecepakatan angin. Beberapa fitur utama dari Weather Live termasuk informasi cuaca hari ini hingga 5 hari, informasi cuaca terkini, pemberitahuan untuk informasi cuaca harian dan peringatan perubahan cuaca. Aplikasi menyajikan prakiraan cuaca secara real time untuk lebih dari 220 ribu kota di seluruh dunia. Aplikasi ini bisa diunduh di App Store hingga Google Play.

 

4. MyRadar Weather Radar

MyRadar adalah aplikasi prakiraan cuaca yang menampilkan radar cuaca animasi di sekitar lokasi pengguna. Karenanya pengguna bisa dengan cepat melihat cuaca yang akan terjadi. Cukup jalankan aplikasi ini, dan lokasi Anda akan muncul dengan radar animasi langsung, dengan panjang putaran radar hingga dua jam. Fungsionalitas dasar ini menyediakan cara tercepat untuk mendapatkan gambaran cepat tentang cuaca saat dalam perjalanan. Aplikasi ini bisa diunduh di App Store, Play Store, dan Google Play.

 

5. Weather Underground

Aplikasi cuaca ini menjadi salah satu yang layak digunakan sebagai patokan dalam prakiraan cuaca. Aplikasi yang tersedia di Android dan iOS ini menyajikan kondisi atau prakiraan cuaca real time berdasarkan data dari 250 ribu lebih stasiun cuaca di seluruh duni.

Aplikasi ini juga memiliki peta interaktif dengan radar, cita satelit resolusi tinggi, peringatan cuaca buruk, dan banyak lagi.

 

6. Weather & Widget (Weawow)

Aplikasi ini telah disempurnakan dengan foto-foto terkait cuaca yang diambil oleh para fotografer di seluruh dunia. Foto-foto tersebut mencerminkan cuaca saat ini di lokasi pengguna, menunjukkan apakah cuaca cerah, berawan, hujan, ataupun bersalju, sehingga pengguna bisa memutuskan apakah perlu payung atau kacamata hitam saat keluar rumah. Aplikasi ini menyajikan informasi prakiraan cuaca secara global dan tersedia dalam lebih dari 50 bahasa.

 

7. Weather App

Aplikasi cuaca ini memiliki fitur lengkap seperti cuaca lokal, peta cuaca, dan widget cuaca. Weather App juga menyajikan prakiraan cuaca sekarang, prakiraan cuaca per jam, dan aplikasi prakiraan cuaca harian apalah hujan, bersalju, suhu panas, berangin, berawan, dan lainnya. Aplikasi ini bisa diunduh di Google Play, App Store, dan Play Store.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement