Selasa 30 Jan 2024 22:16 WIB

Jelang Pemilu, Isu Perubahan Iklim Jadi Sorotan Mayoritas Warga AS

Semakin banyak penduduk AS kini mulai menerima perubahan iklim.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Seseorang berdiri di bilik pemungutan suara sambil bersiap untuk memberikan surat suara di lokasi pemungutan suara di dalam Show Place Arena di Upper Marlboro, Maryland, AS.
Foto: EPA-EFE/MICHAEL REYNOLDS
Seseorang berdiri di bilik pemungutan suara sambil bersiap untuk memberikan surat suara di lokasi pemungutan suara di dalam Show Place Arena di Upper Marlboro, Maryland, AS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Semakin banyak orang Amerika, bahkan dari partai Republik, yang mengakui dan mulai menerima perubahan iklim, demikian menurut survei nasional terbaru yang dirilis Yale University. Akan tetapi, masyarakat masih terpecah tentang mengapa dan apa yang harus dilakukan untuk mengatasi perubahan iklim.

Survei terbaru ini menggambarkan bagaimana opini publik tentang pemanasan global, termasuk risiko yang dirasakan serta dukungan terhadap kebijakan iklim, telah bergeser secara signifikan selama lebih dari satu dekade. Bahkan kenaikan tren ini juga terjadi di negara-negara bagian yang sangat konservatif.

Baca Juga

Para peneliti di Yale Program on Climate Change Communication menemukan bahwa orang Amerika lebih khawatir tentang perubahan iklim sekarang dibandingkan dengan tahun 2010, dan dukungan untuk energi terbarukan juga telah meningkat dari waktu ke waktu. Namun, temuan tersebut menunjukkan bahwa masih ada perbedaan dalam cara orang berbicara tentang perubahan iklim dan perpecahan yang kuat tentang apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya.

Survei ini dilakukan ketika AS bersiap-siap untuk pemilihan presiden tahun ini, memberikan beberapa wawasan tentang apa yang menurut para pemilih harus menjadi prioritas utama bagi para kandidat. Temuan-temuan ini juga dirilis setelah tahun terpanas di bumi dalam sejarah, yang ditandai dengan gelombang panas yang berbahaya, badai yang hebat, dan kebakaran hutan yang bersejarah.

“Meskipun perubahan iklim bukanlah isu bipartisan, survei baru ini mengungkapkan bahwa kepercayaan dan persepsi risiko perubahan iklim secara konsisten meningkat di sebagian besar negara bagian” kata Jennifer Marlon, seorang ilmuwan senior di Yale Program on Climate Change Communication, yang memimpin penelitian ini.

Tren tersebut terjadi bahkan di banyak negara bagian yang dikuasai Partai Republik. Di Texas dan North Carolina misalnya, persentase orang dewasa yang mengakui pemanasan global mencapai 72 persen, meningkat dari 60 persen pada 2010. Di Indiana, angka tersebut naik menjadi 65 persen pada tahun 2023, dari 55 persen pada tahun 2010.

"Saya merasa terdorong untuk melihat bahwa bahkan di negara bagian yang dikuasai Republik, kesadaran secara umum meningkat," kata Marlon seperti dilansir NBC, Selasa (30/1/2024).

Namun, lanjut Marlon, kesadaran akan penyebabnya masih sedikit lebih kabur. Meskipun ada konsensus ilmiah bahwa aktivitas manusia, seperti pembakaran bahan bakar fosil, merupakan penyebab utama perubahan iklim, hanya 58 persen orang Amerika di seluruh negeri yang setuju dengan kesimpulan tersebut.

"Ilmu pengetahuan sudah sangat meyakinkan bahwa hal ini bukanlah hal yang alamiah, namun jelas sekali bahwa banyak orang Amerika yang masih bingung mengenai hal ini," ujar Marlon.

Mayoritas orang Amerika di semua negara bagian kecuali enam negara bagian - Indiana, Kentucky, North Dakota, Oklahoma, West Virginia dan Wyoming - berpikir bahwa pemanasan global sebagian besar disebabkan oleh manusia, namun banyak negara bagian yang tertinggal dari rata-rata nasional.

Namun, ada beberapa peningkatan penting, kata Marlon. Di Tennessee, misalnya, keyakinan bahwa manusia adalah penyebab utama naik menjadi 51 persen orang dewasa pada tahun 2023, dari 46 persen pada tahun 2010. Bahkan di negara bagian yang tidak memiliki mayoritas masyarakat yang memahami adanya konsensus ilmiah, terdapat tren peningkatan secara keseluruhan.

Di Wyoming, kurang dari 30 persen masyarakat memahami bahwa sebagian besar ilmuwan berpendapat bahwa pemanasan global sedang terjadi pada tahun 2010, namun angka tersebut meningkat 14 poin persentase menjadi 44 persen pada tahun 2023, menurut penelitian tersebut.

Yang juga menjadi tren adalah dukungan masyarakat Amerika terhadap kebijakan iklim seperti potongan pajak untuk panel surya dan kendaraan hemat energi. Terdapat variabilitas dalam kebijakan pro-iklim antar negara bagian, namun Marlon mengatakan bahwa ia terkejut dengan beberapa hasil, termasuk peningkatan dukungan di Idaho, dari 67 persen di tahun 2010 menjadi 71 persen di tahun 2023, untuk mengatur karbon dioksida sebagai polutan.

Hasil survei Yale mencerminkan beberapa temuan dari penelitian lain yang telah mencoba untuk mengukur tingkat kesadaran akan pentingnya perubahan iklim bagi para pemilih di seluruh AS.

Sebuah survei yang dilakukan tahun lalu oleh Pew Research Center menemukan bahwa dua pertiga orang dewasa di AS mendukung prioritas pengembangan sumber energi terbarukan daripada bahan bakar fosil, meskipun orang Amerika pada umumnya enggan untuk sepenuhnya menghentikan penggunaan minyak, batu bara, dan gas alam.

Meskipun terdapat perbedaan yang kontras antara Partai Demokrat dan Partai Republik dalam hal perubahan iklim, penelitian menunjukkan bahwa pemanasan global ada di benak masyarakat tanpa memandang afiliasi partai mereka.

Sebuah studi baru-baru ini oleh para peneliti di University of Colorado Boulder menemukan bahwa sekitar dua pertiga pemilih menganggap perubahan iklim sebagai isu penting. Angka tersebut sesuai dengan hasil jajak pendapat NBC News.

Dari 67 persen pemilih yang mengatakan bahwa mereka peduli dengan perubahan iklim, 77 persen dari mereka memilih Presiden Joe Biden pada tahun 2020, demikian temuan laporan tersebut. Penelitian ini memperkirakan bahwa sekitar 2,4 juta pemilih memilih Joe Biden daripada Donald Trump pada tahun 2020 berdasarkan perubahan iklim, yang mungkin cukup untuk menggagalkan upaya Trump untuk terpilih kembali.

Trump telah secara vokal menyangkal ilmu pengetahuan iklim, dan berulang kali menyebut pemanasan global sebagai tipuan. Nikki Haley, yang bersaing ketat dengan Trump dalam pemilihan pendahuluan calon presiden dari Partai Republik, telah mengakui bahwa perubahan iklim itu nyata dan disebabkan oleh aktivitas manusia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement