Rabu 14 Feb 2024 20:07 WIB

PBB Desak Negara-Negara Bersatu Lawan Perang, Iklim, dan Kerawanan Pangan

Kekacauan iklim dan krisis pangan merupakan ancaman serius global.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Kekacauan iklim dan krisis pangan merupakan ancaman serius dan meningkat terhadap perdamaian dan keamanan global.
Foto: www.freepik.com
Kekacauan iklim dan krisis pangan merupakan ancaman serius dan meningkat terhadap perdamaian dan keamanan global.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PBB mendesak negara-negara untuk segera bertindak mengatasi ancaman serius dan dampak mematikan dari konflik, iklim, dan kerawanan pangan. Hal ini diungkap oleh Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres pada Selasa, dalam sebuah pertemuan Dewan Keamanan PBB yang membahas tantangan-tantangan ini.

"Kekacauan iklim dan krisis pangan merupakan ancaman serius dan meningkat terhadap perdamaian dan keamanan global. Sudah selayaknya hal tersebut ditangani oleh Dewan ini," kata Guterres seperti dilansir UN, Rabu (14/2/2024).

Baca Juga

Perwakilan dari hampir 90 negara berpartisipasi dalam konferensi tersebut, yang diselenggarakan oleh Guyana, yang memegang kursi kepresidenan Dewan Keamanan bulan ini.

Guterres mengatakan kepada para duta besar bahwa bencana iklim dan konflik sama-sama mengobarkan ketidaksetaraan, mengancam mata pencaharian dan memaksa orang-orang untuk meninggalkan tempat tinggal mereka. Kedua hal tersebut juga merupakan dua pendorong utama krisis pangan global, dengan hampir 174 juta orang di seluruh dunia akan terkena dampaknya pada tahun 2022.

Kepala PBB merasa kecewa karena dunia dipenuhi dengan contoh-contoh betapa buruknya hubungan antara kelaparan dan konflik. Salah satu contohnya adalah Gaza, di mana menurut Guterres, tidak ada seorang pun warganya yang memiliki cukup makanan

"Dari 700 ribu orang yang paling kelaparan di dunia, empat dari lima orang tinggal di sebidang tanah kecil itu,” kata Guterres.

Selain itu, bencana iklim menambah dimensi lain pada penderitaan di banyak tempat. Ke-14 negara yang paling berisiko terkena dampak perubahan iklim sedang mengalami konflik, dan 13 di antaranya juga menghadapi krisis kemanusiaan.

Negara-negara yang terkena dampak termasuk Haiti, di mana badai dikombinasikan dengan kekerasan gengster dan pelanggaran hukum, menempatkan jutaan orang dalam bahaya.

Di Ethiopia, hampir 16 juta orang diperkirakan membutuhkan bantuan pangan setelah perang yang diikuti oleh kekeringan -situasi yang diperburuk oleh masuknya pengungsi yang melarikan diri dari konflik di negara tetangga, Sudan.

"Sementara itu, secara global, kita menghadapi risiko munculnya kembali inflasi pangan karena kekeringan melanda Terusan Panama dan kekerasan melanda Laut Merah - membuat rantai pasokan berantakan," jelas Guterres.

Dengan krisis iklim yang akan semakin parah karena emisi terus meningkat dan kelaparan meningkat setiap tahun, Guterres menyerukan tindakan mendesak terhadap semua pihak yang bertikai untuk mematuhi hukum kemanusiaan internasional.

“Pada saat yang sama, operasi kemanusiaan harus didanai sepenuhnya untuk mencegah bencana dan konflik yang menyebabkan kelaparan,” kata Guterres dengan mencatat bahwa tahun lalu, kurang dari 40 persen dari operasi tersebut didanai.

Guterres lebih lanjut menyerukan investasi besar-besaran untuk menciptakan sistem pangan yang sehat, adil, dan berkelanjutan. Langkah-langkah lain termasuk membangun dan mendanai sistem perlindungan sosial serta memperkuat dan memperbarui kerangka kerja perdamaian dan keamanan global.

“Negara-negara harus mengatasi krisis iklim untuk membatasi kenaikan suhu global hingga 1,5 derajat Celcius. Negara-negara kaya juga harus menghentikan penggunaan bahan bakar fosil secara bertahap,” tegas Guterres.

Komunitas internasional juga diminta untuk serius dalam melakukan adaptasi iklim, termasuk dengan memastikan bahwa semua orang di seluruh dunia terlindungi oleh sistem peringatan dini pada tahun 2027.

Investasi yang lebih besar dalam SDG juga perlu dilakukan, dan Guterres mengingatkan kembali usulannya untuk rencana stimulus SDG tahunan sebesar 500 miliar dolar AS untuk mendorong pembangunan berkelanjutan dan aksi iklim.

Kepala sekretariat perubahan iklim PBB, UNFCCC, menyarankan agar Dewan Keamanan PBB meminta informasi terbaru secara berkala mengenai risiko keamanan iklim. Simon Stiell menambahkan bahwa setiap negara harus mengimplementasikan rencana aksi iklim nasional untuk melindungi manusia, mata pencaharian dan lingkungan alam.

"Berinvestasi dalam ketahanan dan adaptasi iklim, termasuk mengubah praktik pertanian menuju produksi pangan regeneratif sambil bekerja untuk memelihara dan melestarikan alam, tidak hanya akan mengurangi kerusakan akibat peristiwa iklim ekstrem, tetapi juga dapat memastikan bahwa kebutuhan ketahanan pangan di masa depan terjamin secara berkelanjutan dan universal, tanpa meninggalkan siapa pun," kata Stiell.

Negara-negara juga membutuhkan dana untuk adaptasi, terutama negara-negara berkembang yang rentan terhadap guncangan iklim. Namun, saat ini mereka membutuhkan 2,4 triliun dolar AS per tahun untuk membangun ekonomi energi bersih dan beradaptasi terhadap dampak iklim, dan kesenjangan pendanaan masih ada.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement