Kamis 14 Mar 2024 17:00 WIB

Cara Ikut Jaga Lingkungan dengan Kumpulkan Sampah Kemasan Hokben

Masyarakat yang berpartisipasi bisa peroleh cenderamata dengan kumpulkan poin. 

Takoyaki original Hokben
Foto: Republika/Desy Susilawati
Takoyaki original Hokben

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjaga lingkungan kini dapat dilakukan dengan aktivitas baru, yakni mengumpulkan sampah kemasan pasca konsumsi dari Hoka-Hoka Bento (HokBen), termasuk di dalamnya kemasan teh Sosro.

Aktivitas ini merupakan program kampanye Gerakan DAURI (Daur Untuk Negeri) kolaborasi antara PT Sinar Sosro dengan HokBen dan Tetra Pak. Sinergi ketiganya secara resmi mulai diberlakukan, Rabu (13/3/2024). Masyarakat yang berpartisipasi juga bisa memperoleh cenderamata dari mengumpulkan poin. 

Baca Juga

Caranya cukup mudah, kumpulkan sampah kemasan HokBen mulai dari minuman, makanan, hingga alat makan yang telah digunakan. Setorkan sampah tersebut ke gerai HokBen yang memiliki dropbox khusus pengelolaan sampah dari program DAURI.

"Gerakan DAURI akan dilaksanakan di 100 restoran Hokben. Melalui kolaborasi ini kami mengajak konsumen berpartisipasi menyetor kembali kemasan minuman, makanan, dan alat alat makan satu kali pakai untuk kemudian akan kami daur ulang menjadi barang yang dapat digunakan kembali oleh masyarakat," kata Direktur Marketing PT Eka Bogainti (HokBen) Sugiri Willim menjelaskan.

Sampah yang dikumpulkan akan didaur ulang menjadi cenderamata seperti notebook, hingga holder untuk smartphone.

Pelanggan yang membeli paket atau menu HokBen take away dan dine-in dapat memindai kode QR untuk mendaftarkan diri, mendata kemasan minuman dan makanan, serta alat-alat makan satu kali pakai yang disetorkan. Kemudian, konsumen dapat mengumpulkan poin untuk mendapat cenderamata tersebut, hingga paket menu HokBen.

"Indonesia telah menghasilkan 18 juta ton sampah dan 19 persen di antaranya adalah sampah plastik. Gerakan ini salah satu langkah kecil kami untuk menanggapi tantangan lingkungan tersebut, dengan mengajak konsumen meningkatkan kesadaran akan pentingnya mendaur ulang kemasan," kata Chief Marketing Officer PT Sinar Sosro Sabrina Kharisanti. 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement