Jumat 12 Apr 2024 16:51 WIB

Lamun Ditanam untuk Mengatasi Pemanasan Global 

Lamun membantu mengurangi pemanasan global karena kemampuannya mengunci karbon.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Gita Amanda
Padang lamun atau seagrass beds di pesisir pantai dihidupkan kembali sebagai bagian dari upaya global untuk mengatasi perubahan iklim.
Foto: Wikipedia
Padang lamun atau seagrass beds di pesisir pantai dihidupkan kembali sebagai bagian dari upaya global untuk mengatasi perubahan iklim.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Padang lamun atau seagrass beds di pesisir pantai dihidupkan kembali sebagai bagian dari upaya global untuk mengatasi perubahan iklim. Cumbria Wildlife Trust memulihkan padang lamun yang luas di dekat Barrow, di selatan Cumbria, dengan biaya 141 ribu poundsterling atau Rp 2,8 miliar 

Dilansir BBC, Jumat (12/4/2024), dan termasuk sebagian dana dari Badan Lingkungan Hidup. Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), lamun membantu mengurangi pemanasan global karena kemampuannya mengunci karbon. Adam Rounce, dari Wildlife Trust, mengatakan padang lamun sering kali “diabaikan” karena menyerupai halaman taman yang terendam. 

Baca Juga

“Itulah mengapa habitatnya terabaikan-karena tidak memiliki karisma sama sekali,” kata Rounce. 

Rounce telah melacak berapa banyak Dwarf Eelgrass yang hilang setiap tahunnya. Dwarf Eelgrass adalah spesies lamun yang ditemukan di perairan pantai dangkal. Teluk Morecambe telah kehilangan 70 persen padang lamunnya selama satu abad terakhir, menurut angka kepercayaan. Lembaga tersebut mengatakan padang lamun mungkin bertanggung jawab atas 18 persen dari total penyimpanan karbon di lautan, meskipun hanya mencakup 0,1 persen dari dasar lautan global. 

Dilansir Oceana, lamun bukanlah rumput sejati, melainkan merupakan tumbuhan berbunga yang melakukan seluruh siklus hidupnya di bawah air. Seperti semua tumbuhan, lamun bergantung pada sinar matahari untuk mengubah karbon dioksida menjadi makanan atau energi (melalui proses yang disebut fotosintesis). 

Oleh karena itu, mereka hanya berhasil di perairan yang jernih dan dangkal. Jika kondisinya tepat, lamun dapat menutupi dasar laut dengan padat sehingga menciptakan ekosistem yang disebut padang lamun. 

Beberapa spesies tumbuhan berbeda, yang mewakili setidaknya empat famili berbeda, secara kolektif dikenal sebagai lamun, sehingga istilah tersebut tidak secara akurat menggambarkan kelompok tumbuhan individu. Keanekaragaman spesies yang terlibat dalam pembentukan pada lamun menyebabkan tersebarnya ekosistem ini secara geografis; Padang lamun dapat ditemukan mulai dari daerah-daerah tropis hingga ke kutub utara dan selatan. 

Pembangkit listrik tenaga super

Lamun akan ditanam kembali di Walney Channel, di lepas pantai Barrow, tempat yang diyakini oleh lembaga tersebut bahwa restorasi kemungkinan besar akan berhasil. Petugas konservasi laut Trust, Amber Gould, mengatakan tanaman itu menyediakan perlindungan bagi beberapa spesies ikan muda, sementar makhluk lain dapat hidup di sedimen sekitarnya. 

“Ini juga membantu mengatasi perubahan iklim karena menghilangkan karbon dari atmosfer,” kata Gould. “Jadi, untuk alasan yang berbeda, ini adalah pembangkit listrik tenaga super yang kami tanam di garis pantai kami.” 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement