Rabu 20 Mar 2024 12:50 WIB

PBB Keluarkan Peringatan Darurat Pemanasan Global, 2024 Diprediksi Jadi Tahun Terpanas

Suhu panas bumi tidak pernah sedekat ini dengan batas bawah 1,5 derajat celcius.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) mengeluarkan peringatan atau ‘red alert’ tentang pemanasan global.
Foto: www.freepik.com
Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) mengeluarkan peringatan atau ‘red alert’ tentang pemanasan global.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan cuaca PBB telah mengeluarkan peringatan atau ‘red alert’ tentang pemanasan global, mengutip rekor peningkatan gas rumah kaca, suhu tanah dan air, serta mencairnya gletser dan es laut tahun lalu. PBB juga memperingatkan bahwa upaya-upaya dunia untuk membalikkan tren tersebut belum memadai.

Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) mengatakan bahwa tahun 2024 kemungkinan besar akan menjadi tahun terpanas lainnya. Dalam laporan “State of the Global Climate” yang dirilis Selasa, WMO menyuarakan kekhawatiran bahwa tujuan iklim yang dibanggakan semakin terancam.

Baca Juga

"Belum pernah kita sedekat ini, walaupun hanya sementara, dengan batas bawah 1,5 derajat Celcius dari kesepakatan Paris tentang perubahan iklim. Karenanya WMO membunyikan tanda bahaya kepada dunia,” kata sekretaris jenderal WMO Celeste Saulo, seperti dilansir AP, Rabu (20/3/2024).

Periode 12 bulan dari Maret 2023 hingga Februari 2024 telah melampaui batas 1,5 derajat Celcius, dengan suhu rata-rata lebih tinggi 1,56 derajat Celcius, menurut Layanan Iklim Copernicus Uni Eropa. Dikatakan bahwa suhu pada tahun kalender 2023 hanya di bawah 1,5 derajat Celcius yaitu 1,48 derajat Celcius, tetapi rekor awal tahun ini yang sangat panas telah melampaui tingkat tersebut untuk rata-rata 12 bulan.

"Bumi mengeluarkan seruan darurat. Laporan iklim terbaru menunjukkan bahwa planet ini berada di ambang batas. Polusi bahan bakar fosil menyebabkan kekacauan iklim di luar kendali,” kata Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres.

Omar Baddour, kepala pemantauan iklim WMO, mengatakan bahwa tahun setelah kejadian El Nino - siklus pemanasan Samudra Pasifik yang mempengaruhi pola cuaca global - biasanya cenderung lebih hangat.

"Jadi kita tidak bisa mengatakan secara pasti bahwa tahun 2024 akan menjadi tahun terpanas. Tapi apa yang akan saya katakan: Ada kemungkinan besar bahwa tahun 2024 akan kembali memecahkan rekor tahun 2023, tetapi mari kita tunggu dan lihat saja,” kata Baddour sambil menambahkan bahwa Januari lalu adalah Januari terpanas yang pernah tercatat.

Temuan WMO terbaru sangat mencolok ketika dikompilasi dalam satu laporan. Pada tahun 2023, lebih dari 90 persen perairan laut mengalami kondisi gelombang panas setidaknya satu kali. Gletser yang dipantau sejak tahun 1950 kehilangan es paling banyak dalam catatan. Es laut Antartika mundur ke level terendah yang pernah ada.

"Di luar semua berita buruk itu, yang paling mengkhawatirkan saya adalah bahwa planet ini sekarang berada dalam fase kehancuran - secara harfiah dan kiasan mengingat pemanasan dan hilangnya massa dari lapisan es di kutub," ujar pakar lingkungan di Michigan University, Jonathan Overpeck,  yang tidak terlibat dalam laporan tersebut.

WMO mengatakan bahwa dampak gelombang panas, banjir, kekeringan, kebakaran hutan, dan siklon tropis, yang diperburuk oleh perubahan iklim, telah dirasakan dalam kehidupan dan mata pencaharian di setiap benua pada tahun 2023.

"Daftar peristiwa yang memecahkan rekor ini benar-benar menyedihkan, meskipun tidak mengejutkan mengingat kejadian-kejadian ekstrem yang terus menerus terjadi selama setahun terakhir," ujar ilmuwan iklim dari University of Arizona, Kathy Jacobs, yang juga tidak terlibat dalam laporan WMO.

Namun, badan PBB tersebut juga mengakui adanya secercah harapan dalam upaya menjaga Bumi agar tidak terlalu panas. Dikatakan bahwa kapasitas pembangkit energi terbarukan dari tenaga angin, matahari dan air meningkat hampir 50 persen dari tahun 2022 - menjadi total 510 gigawatt.

Laporan ini muncul ketika para ahli iklim dan menteri-menteri pemerintah akan berkumpul di ibukota Denmark, Kopenhagen, pada hari Kamis dan Jumat untuk mendorong aksi iklim yang lebih besar, termasuk peningkatan komitmen nasional untuk memerangi pemanasan global.

"Setiap tahun iklim semakin memburuk; setiap tahun para pejabat WMO dan yang lainnya menyatakan bahwa laporan terbaru merupakan peringatan bagi para pengambil keputusan," ujar ilmuwan iklim dari University of Victoria, Andrew Weaver, yang juga mantan anggota parlemen dari British Columbia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement