Ahad 14 Apr 2024 09:29 WIB

Jumlah Gas Berbahaya di Atmosfer Terus Meningkat Selama Beberapa Dekade

Gas berbahaya tersebut sering digunakan untuk mengisolasi kabel listrik.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Sebuah studi internasional terbaru mengungkap bahwa China menjadi aktor utama di balik lonjakan SF6 di atmosfer dalam satu dekade terakhir.
Foto: live science
Sebuah studi internasional terbaru mengungkap bahwa China menjadi aktor utama di balik lonjakan SF6 di atmosfer dalam satu dekade terakhir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain karbon dioksida (CO2), pemanasan global juga didorong oleh gas kuat lainnya seperti Sulphur hexafluoride (SF6). Gas yang tidak berwarna dan tidak berbau ini sering digunakan untuk mengisolasi kabel listrik.  

Sebuah studi internasional terbaru mengungkap bahwa China menjadi aktor utama di balik lonjakan SF6 di atmosfer dalam satu dekade terakhir. Temuan ini perlu menjadi perhatian serius, terlebih gas ini 24 ribu lebih kuat dibandingkan CO2. 

Baca Juga

Gas SF6 dinilai sangat berbahaya karena SF6 memiliki potensi pemanasan global (GWP), ukuran berapa banyak energi panas yang diserap per tonnya, sekitar 24.300 dan emisinya diperkirakan akan bertahan lebih dari 1.000 tahun di atmosfer.

"Setiap peningkatan emisi SF6 pada abad ini akan secara efektif mengubah anggaran radioaktif planet kita, jauh melampaui kerangka waktu multi-dekade dari kebijakan iklim saat ini," kata salah satu penulis studi Ronald Prinn. 

"Itulah sebabnya mengapa sangat penting bagi Tiongkok dan semua negara lain untuk mengambil langkah segera untuk mengurangi, dan pada akhirnya menghilangkan emisi SF6 mereka," tambah dia seperti dilansir Euro News, Ahad (14/4/2024). 

Emisi SF6 dari China meningkat hampir dua kali lipat dari 2,6 gigagram (Gg) per tahun pada tahun 2011 -ketika emisi tersebut menyumbang 34 persen dari emisi global- menjadi 5,1 Gg per tahun pada tahun 2021, ketika emisi tersebut mencapai 57 persen. 

Hal ini diungkap para peneliti di Program Bersama MIT tentang Ilmu Pengetahuan dan Kebijakan Perubahan Global, Fudan University, Peking University, Bristol University, dan Pusat Pengamatan Meteorologi Administrasi Meteorologi China.

Peningkatan emisi SF6 di China selama periode 10 tahun mengimbangi pengurangan emisi di tempat lain di dunia, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature Communications bulan lalu.

"Mengadopsi praktik pemeliharaan yang meminimalkan tingkat kebocoran SF6 atau menggunakan peralatan bebas SF6 atau pengganti SF6 di jaringan listrik akan bermanfaat bagi mitigasi gas rumah kaca di Tiongkok," kata penulis utama Minde An, seorang mahasiswa pascadoktoral di Center for Global Change Science (CGCS) di MIT.

"Kami memandang temuan kami sebagai langkah pertama dalam mengukur masalah dan mengidentifikasi cara mengatasinya," tegas dia.

Untuk melakukan perhitungan, para peneliti mengambil data dari sembilan stasiun dalam jaringan Cina, termasuk satu stasiun di jaringan Advanced Global Atmospheric Gas Experiment (AGAGE). Sebagai perbandingan, total emisi global diamati dari lima stasiun "latar belakang" AGAGE yang relatif tidak tercemar di tempat lain di dunia. 

Lantas bagaimana Eropa mengatasi emisi SF6? Pada tahun 2021, SF6 dari China mencapai 125 juta ton emisi setara CO2, setara dengan sekitar 1 persen dari total emisi karbon negara tersebut. Jumlah tersebut sebanding dengan total emisi CO2 nasional Belanda atau Belgia.

Karena Cina tidak termasuk dalam daftar negara industri yang disusun oleh konvensi iklim PBB pada tahun 1990-an, Cina tidak memiliki kewajiban yang sama dengan negara-negara Eropa untuk mengatasi emisi gas rumah kaca.

Dengan mengurangi SF6 pada peralatan listrik, negara-negara Annex 1 ini telah mengurangi emisi SF6 selama 30 tahun terakhir. Tetapi tidak cukup untuk menebus peningkatan dari negara-negara berkembang yang berurusan dengan permintaan listrik yang berkembang pesat dan penyerapan teknologi energi terbarukan yang cepat. 

Pada tahun 2010, Jerman menghasilkan emisi SF6 paling banyak di antara negara-negara Eropa. Namun rekornya telah membaik berkat komitmen sukarela dari industri, dan investasi pada energi alternatif.

Di Uni Eropa yang lebih luas, peraturan gas berflourida seperti SF6 baru mulai berlaku bulan lalu yang memperketat penghapusan gas-gas ini pada tahun 2050.

Namun, peraturan ini tidak sesuai dengan usulan awal, yang berusaha untuk menghapus SF6 di semua 'switchgear' (peralatan untuk transmisi listrik) baru pada tahun 2031. Sebaliknya, para pengusaha dilaporkan mendorong agar gas rumah kaca tersebut terus digunakan jika alternatif yang lebih baik tidak tersedia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement