Senin 22 Apr 2024 22:57 WIB

Banjir Dubai, Tanda Rekayasa Perkotaan Gagal Hadapi Perubahan Iklim

Pembangunan kota modern mencerminkan terhambatnya penyerapan air secara alami.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Sekelompok orang bekerja untuk memulihkan kendaraan terbengkalai yang tersapu air banjir akibat hujan lebat di Dubai, Uni Emirat Arab.
Foto: AP
Sekelompok orang bekerja untuk memulihkan kendaraan terbengkalai yang tersapu air banjir akibat hujan lebat di Dubai, Uni Emirat Arab.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banjir di Dubai menggambarkan bagaimana rekayasa perkotaan gagal dalam menghadapi perubahan iklim. Di dunia yang ditandai dengan meningkatnya kemungkinan peristiwa cuaca ekstrem, tidak peduli seberapa besar dan modern perkotaan di seluruh dunia, mereka tidak memiliki tempat yang cukup untuk mengalirkan air ketika jumlahnya terlalu banyak.

Kota Uni Emirat Arab dan kota lainnya yang dibangun di atas area yang sebelumnya tidak dapat dihuni mencerminkan gagasan pembangunan perkotaan abad ke-20 yang mengakibatkan terhambatnya sistem penyerapan air secara alami. Ditambah dengan meningkatnya populasi, yang membawa lebih banyak limbah, maka tantangan drainase akan terus membebani kota-kota besar di dunia seperti Dubai yang menghadapi curah hujan yang lebih sering dan masif.

Baca Juga

Selasa lalu, UEA menerima curah hujan lebih dari 25 centimeter di beberapa tempat, dan sekitar setengah dari curah hujan tersebut di Dubai, setara dengan rata-rata curah hujan tahunan di UEA. Hujan yang lebih sering terjadi dalam beberapa tahun terakhir di UEA diperkirakan akan menjadi lebih buruk di tahun-tahun mendatang, khususnya akumulasi curah hujan harian yang intens.

Klaim dibuat pekan lalu bahwa eksperimen yang dilakukan UEA dengan penyemaian awan berkontribusi terhadap curah hujan, tetapi pemerintah mengatakan bahwa hal itu tidak akurat, dan para ahli lainnya telah menepis klaim tersebut.

Yang diketahui adalah bahwa Dubai dibangun di atas pasir, sebuah lingkungan alami yang memungkinkan air meresap ke dalam tanah dengan sangat mudah. Namun dengan menuangkan beton dalam jumlah besar di atas tanah alami Dubai, para pengembang secara efektif menghalangi tanah untuk menyerap air. Curah hujan pekan lalu merupakan jumlah curah hujan terbesar yang tercatat sejak negara ini mulai mencatat curah hujan pada tahun 1949.

"Kami memiliki tempat pembuangan alami yang membawa air langsung ke akuifer dan kemudian ke dalam cadangan air kami. Ketika kita mengaspal, tanah itu tidak ada lagi,” kata arsitek Ana Arsky, CEO perusahaan rintisan lingkungan 4 Habitos Para Mudar o Mundo, seperti dilansir CNBC, Senin (22/4/2024).

Pesatnya peningkatan populasi yang terkait dengan tren urbanisasi global menambah jumlah sampah. Meskipun sampah tidak terlihat di jalan-jalan Dubai, namun sampah tersebut harus dibuang ke suatu tempat, di mana sering kali berakhir di lokasi yang kurang ideal.

Produk plastik tidak dapat menyerap air dengan baik, dan ketika berakhir di tempat pembuangan akhir di seluruh dunia, tumpukan sampah yang sangat besar berkontribusi pada cadangan sistem drainase alami secara global.

Bahkan kota-kota besar yang memiliki sistem drainase yang mapan pun menghadapi masalah yang sama, seperti yang dialami oleh penduduk New York City pada musim gugur tahun lalu, di mana sekolah-sekolah, jalan raya, dan rumah-rumah tergenang air, serta layanan kereta bawah tanah terhenti setelah curah hujan dalam satu hari mencapai 12-20 centimeter di beberapa tempat. Tanpa persiapan yang tepat, saluran air buatan manusia yang penuh dengan puing-puing dan polusi tidak dapat menyerap air yang meningkat, sehingga menyebabkan banjir.

"Sistem drainase air hujan tidak diadaptasi untuk aliran yang kita lihat saat ini dengan perubahan iklim dan curah hujan yang sangat terkonsentrasi. Anda mendapatkan kejenuhan sistem drainase yang tidak memiliki cara untuk mengalirkan jumlah air yang turun baru-baru ini. Hal ini akhirnya muncul ke permukaan dan menyebabkan banjir di perkotaan, baik itu di terowongan, jalan raya, atau di bagian kota yang paling rendah,” kata Tiago Marques, salah satu pendiri dan CEO Greenmetrics.AI.

Greenmetrics.AI memasang sensor dan menggunakan analisis data untuk memprediksi dampak curah hujan dan membantu memberikan saran kepada masyarakat mengenai konsumsi air. Saat ini Greenmetrics.AI bekerja sama dengan otoritas sipil di enam kota di Portugal.

Marques mengatakan bahwa warga cenderung menyalahkan pejabat kota ketika banjir terjadi, karena tidak membersihkan sistem drainase dengan baik. Akan tetapi di Porto, Portugal, terjadi banjir besar di beberapa bagian kota tahun lalu, padahal sistem drainase telah dibersihkan.

"Jumlah air sangat tinggi dan tidak biasa sehingga pada dasarnya menyapu semua ranting dan bahkan sampah ke dalam sistem drainase yang sebelumnya bersih, dan menyumbatnya. Ketika semua air ini mulai membludak, sangat sulit bagi pihak berwenang untuk mengetahui secara pasti apa yang terjadi di mana-mana pada waktu yang bersamaan,” kata Marques.

Vapar, sebuah perusahaan rintisan yang membuat robot pemeriksa saluran pembuangan dan pipa, telah bermitra dengan pemerintah di Australia dan Inggris. Perusahaan ini juga sedang mengembangkan bahan bangunan yang cukup kuat untuk struktur, tetapi cukup berpori sehingga air masih dapat diserap oleh tanah alami di daerah tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement