Sabtu 08 Jun 2024 14:20 WIB

Pemprov Jakarta Sosialisasi Jalan Kaki 7.500 Langkah per Hari

Kampanye jalan kaki 7.500 langkah per hari untuk mendukung kualitas udara Jakarta.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Hasanul Rizqa
ILUSTRASI Jalan kaki untuk dukung kesehatan.
Foto: picryl
ILUSTRASI Jalan kaki untuk dukung kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta sedang menggencarkan kampanye publik tentang manfaat sering berjalan kaki. Di samping terkait dengan kesehatan masyarakat, hal itu dilakukan untuk mendukung kualitas udara di kota ini kian membaik.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jakarta Ani Ruspitawati mengatakan, gaya hidup yang sehat akan membuat sumber daya manusia lebih baik. Karena itu, pihaknya saat ini melakukan sosialisasi "Jakarta Berjaga" (Bergerak, Bekerja, Berolahraga, dan Bahagia). Harapannya, jalan kaki bisa menjadi pola gaya hidup warga.

Baca Juga

"Kami mengajak seluruh masyarakat untuk menjalani gaya hidup sehat melalui kampanye 'Jakarta Berjaga.' Ini bukan hanya tentang berolahraga, tetapi juga tentang menjaga keseimbangan antara aktivitas fisik dan kebahagiaan," kata Ani melalui keterangan tertulis, Sabtu (8/5/2024).

Dalam kampanye itu, Pemprov Jakarta menargetkan masyarakat usia produktif untuk melakukan jalan kaki sebanyak 7.500 langkah per hari selama dua pekan. Menurut Ani, makin banyak warga Jakarta yang melakukannya, kualitas udara di kota ini dapat semakin optimal.

 

Ani menambahkan, pihaknya juga mewajibkan para aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemprov Jakarta untuk ikut serta dalam kampanye "Jakarta Berjaga." Diharapkan, mereka dapat menjadi pelopor di tengah masyarakat.

"Dengan mendorong ASN sebagai agent of change, kami berharap mereka dapat menjadi contoh bagi masyarakat luas dalam menerapkan gaya hidup sehat dan peduli lingkungan," kata Ani.

Kampanye "Jakarta Berjaga" merupakan salah satu upaya menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024. Melalui kampanye itu, Pemprov Jakarta ingin membiasakan warga untuk bergaya hidup sehat dan sekaligus menjaga kualitas udara bersih. Ini juga menjadi wujud sinergi antara Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta serta bagian dari rangkaian HUT ke-497 Kota Jakarta.

Dinas Lingkungan Hidup serta Dinas Kesehatan Jakarta juga bersinergi menyelenggarakan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 dan sekaligus Selebrasi "Jakarta Berjaga": Integrasi Hebat, Hidup Berkualitas pada Ahad (9/6/2024). Acara ini bertempat di Area Parkir Selatan Gelora Bung Karno. Rangkaian event ini terdiri atas pameran lingkungan hidup, Funwalk Jakarta Berjaga, gelar wicara, nonton bareng, dan berbagai hiburan.

Kegiatan itu akan dihadiri lebih dari lima ribu orang peserta. Pihak panitia juga menargetkan, acara ini akan mendapatkan penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk memecahkan rekor jalan kaki 7.500 langkah.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement