Kamis 25 Jul 2024 08:23 WIB

Pertamina-Toyota Uji Coba Bahan Bakar Bioetanol 100 Persen

Bioetanol 100 persen (E100) diproduksi dari tanaman sorgum.

Pertamina dan Toyota berkolaborasi melakukan uji coba bahan bakar bioetanol 100 persen
Foto: ANTARA/HO-Pertamina
Pertamina dan Toyota berkolaborasi melakukan uji coba bahan bakar bioetanol 100 persen

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) berkolaborasi dengan Toyota melakukan pengisian perdana dan menguji coba penggunaan bioetanol yang bersumber dari batang tanaman sorgum pada kendaraan roda empat. Uji coba tersebut dilakukan di ajang pameran industri kendaraan bermotor Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (24/7/2024).

Pada uji coba yang dilakukan di GIIAS 2024, bioetanol 100 persen (E100) yang diproduksi dari tanaman sorgum digunakan sebagai bahan bakar alternatif pada kendaraan Flex Fuel Vehicle (FFV) Toyota.

Baca Juga

Senior Vice President Research & Technology Innovation Pertamina Oki Muraza mengatakan, untuk mengadakan uji coba di GIIAS 2024, Pertamina telah memproduksi sebanyak 150 liter bioetanol yang diproduksi dari ampas biomasa, yaitu batang tanaman Sorgum.

Proses produksi bahan bakar nabati tersebut menggunakan peralatan distilasi dan dehidrasi yang terdapat di fasilitas laboratorium technology innovation milik Pertamina. Langkah itu juga sebagai komitmen Pertamina dalam mempertajam kompetensi dan memperluas kolaborasi untuk mendorong pengembangan dan pemanfaatan bioenergi di berbagai sektor.

"Nira sorgum didapatkan melalui kerja sama dengan universitas yang sudah melakukan uji penanaman di beberapa lahan. Setelah itu, nira yang dihasilkan difermentasi menjadi bioetanol dan kemudian dimurnikan," ungkap Oki.

Oki mengatakan bioetanol yang diproduksi Pertamina telah diuji di kendaraan Toyota Fortuner Flex Fuel Vehicle (FFV) menunjukkan peningkatan performa dengan pembakaran yang lebih sempurna dan emisi yang lebih rendah dibandingkan dengan bahan bakar fosil pada umumnya.

Langkah Pertamina selanjutnya, ungkap Oki, meningkatkan produksi bioetanol dari skala laboratorium ke skala yang lebih besar. Selain itu, Pertamina menjajaki kemitraan untuk mendapatkan ketersediaan suplai Sorgum dan bahan nabati lainnya.

"Dengan memproduksi bioetanol dari Sorgum tidak hanya menjadi sumber energi baru terbarukan untuk Indonesia, tetapi juga inovasi ini memproduksi bahan bakar tanpa berkompetisi dengan bahan pangan, dapat membuka lapangan pekerjaan dan usaha kecil menengah baru di sektor perkebunan sorgum, pengolahan Nira, dan pengolahan bioetanol," tutur Oki.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menyampaikan Pertamina secara berkelanjutan mendorong penggunaan bioetanol sebagai bahan bakar transportasi.

Selain menghadirkan inovasi terbaru, yaitu bioetanol 100 persen (E100), di saat yang sama Pertamina juga mengimplementasikan secara bertahap bioetanol di Indonesia dimulai dari Pertamax Green 95, yakni bahan bakar dengan kandungan bioetanol 5 persen (E5).

Fadjar mengatakan dengan implementasi E5 pada industri hulu-hilir dapat memberikan manfaat pengurangan impor BBM nasional, membuka lapangan pekerjaan baru, meningkatkan gross domestic product (GDP) dan diperkirakan berkontribusi pada penurunan emisi sebesar 2,8 juta ton CO2 atau 1,9 persen emisi per tahun.

"Penggunaan bioetanol akan memperkuat peta jalan Pertamina dalam pengembangan energi baru terbarukan. Pertamina akan melakukan secara bertahap yang utamanya untuk mendukung program pemerintah yaitu mencapai target net zero emission pada tahun 2060," ujar Fadjar.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement