Rabu 04 Sep 2024 17:05 WIB

Inovasi Muda Foundation dan Unpad Kembangkan Green Innovation Hub

Mahasiswa akan berpartisipasi dalam beberapa tahapan program.

 Inovasi Muda Foundation dan Unpad bekerja sama mengembangkan Green Innovation Hub
Foto: Inovasi Muda Foundation
Inovasi Muda Foundation dan Unpad bekerja sama mengembangkan Green Innovation Hub

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Inovasi Muda Foundation bekerja sama dengan Program Studi Sosiologi FISIP Unpad memulai kolaborasi untuk mengembangkan Green Innovation Hub di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Program ini bertujuan mengembangkan solusi inovatif dan berkelanjutan dengan melibatkan mahasiswa secara langsung dalam masyarakat.

Inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen kedua institusi dalam mendukung pendidikan yang lebih aplikatif dan berfokus pada pengembangan masyarakat.

Program Green Innovation Hub dilaksanakan dalam kerangka Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) melalui skema magang. Mahasiswa akan terlibat aktif selama empat bulan, dari September hingga Desember 2024. Mahasiswa akan berpartisipasi dalam beberapa tahapan program, termasuk riset perencanaan yang mencakup pemetaan sosial dan pemangku kepentingan, implementasi program melalui perencanaan strategis dan manajemen proyek, hingga evaluasi dampak sosial menggunakan metode Social Return on Investment (SROI).

Executive Director of Inovasi Muda Foundation, Restu Andini menyatakan, kolaborasi ini merupakan langkah strategis untuk memberdayakan mahasiswa dan masyarakat dalam menciptakan solusi yang berdampak positif bagi lingkungan dan sosial. “Melalui Green Innovation Hub, kami berharap dapat mendorong inovasi yang berkelanjutan dan menciptakan perubahan yang nyata di Kabupaten Cirebon,” kata Restu dalam siaran pers, Rabu (4/9/2024).

Program ini diharapkan dapat menciptakan model kolaborasi yang efektif antara institusi pendidikan dan masyarakat lokal dalam mengembangkan solusi yang inovatif dan berkelanjutan.

Selain memberikan pengalaman praktis yang sejalan dengan kurikulum, program ini juga dirancang untuk meningkatkan kapasitas mahasiswa dalam pengelolaan proyek pengembangan masyarakat, serta memperkaya literatur akademik melalui publikasi ilmiah.

Program ini berpotensi membuka peluang kerja sama jangka panjang yang berfokus pada inovasi dan keberlanjutan. Mahasiswa yang berpartisipasi dalam program ini akan mendapatkan konversi 20 SKS sesuai dengan skema MBKM terintegrasi dengan kurikulum Prodi Sosiologi FISIP Unpad.

Mereka juga akan mendapatkan pengalaman praktis yang relevan dengan kurikulum dan meningkatkan keterampilan mereka dalam pengelolaan proyek di lapangan. Program ini juga diharapkan dapat membuka jalan bagi beasiswa Inovasi Muda dan partisipasi dalam Sustainability Academy, sehingga menciptakan platform pembelajaran praktis yang terintegrasi dengan kurikulum Prodi Sosiologi FISIP Unpad.

Melalui kolaborasi ini, diharapkan tercipta sinergi yang berkelanjutan dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk praktisi, akademisi, dan pemerintah, dalam upaya bersama menciptakan dampak sosial yang nyata dan berkelanjutan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement