Kamis 19 Oct 2023 10:55 WIB

Kabar Baik, Ilmuwan Jepang Temukan Bakteri Baru yang Bisa Mengurai Plastik

Rekayasa genetika bakteri baru lebih efisien dalam mengurasi plastik.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Bakteri jenis bari bisa mendegradasi plastik ramah lingkungan yang umum digunakan.
Foto: wikimedia
Bakteri jenis bari bisa mendegradasi plastik ramah lingkungan yang umum digunakan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam sebuah penemuan penting, para peneliti di Hokkaido University telah mengidentifikasi spesies bakteri laut baru yang mampu mengurai jenis plastik tertentu. Bahan plastik ini biasanya ditemukan pada barang dan kemasan sekali pakai yang sering dibuang oleh konsumen.

Para peneliti telah merekayasa genetika bakteri baru ini agar lebih efisien dalam mengurai plastik. Berkolaborasi dengan rekan-rekan dari Mitsubishi Chemical Group di Jepang, para peneliti di Hokkaido University telah menemukan bakteri baru yang mampu mendegradasi plastik ramah lingkungan yang umum digunakan yang disebut polimer polibutilena suksinat (PBS). Ini sering ditemukan pada barang-barang seperti mulsa film, tas kompos, dan kemasan katering.

Baca Juga

Mereka mengidentifikasi enzim bernama PBSase, yang bertanggung jawab untuk mendegradasi PBS pada jenis bakteri tertentu. Mereka kemudian mengintegrasikan enzim ini ke dalam bakteri laut Escherichia coli untuk meningkatkan kemampuan biodegradasi plastik.

Upaya mereka tidak hanya diarahkan untuk memahami perilaku plastik di lingkungan laut, tetapi juga untuk merancang solusi inovatif untuk mengatasi polusi plastik.

Yasuhito Yamamoto, seorang kolaborator dari Mitsubishi Chemical Corporation, menyoroti potensi enzim ini sebagai katalisator untuk daur ulang kimiawi sampah plastik yang terkumpul, memberikan jalan yang menjanjikan untuk mengatasi polusi plastik di darat dan laut.

Tomoo Sawabe, yang memimpin tim peneliti, menggarisbawahi pentingnya temuan ini dalam menggadapi tantangan global. Menyadari kelangkaan mikroorganisme laut yang mampu mengurai PBS secara efisien, Sawabe dan rekan-rekan penelitinya memulai pencarian untuk mengidentifikasi dan meningkatkan organisme pemakan plastik alami ini.

“Kami dengan cermat telah memeriksa mikroba yang dikumpulkan dari air laut di lepas pantai Jepang, dan berhasil mengidentifikasi beberapa jenis bakteri laut yang dapat mengurai PBS. Mengatasi masalah polusi plastik yang mendesak di lautan kita adalah hal yang sangat penting untuk menjaga lingkungan kita,” kata Sawabe seperti dilansir Tech Times, Kamis (19/10/2023).

Mendorong batas-batas penemuan, para peneliti menggunakan teknik biologi molekuler untuk menyisipkan gen PBSase ke dalam bakteri Escherichia coli yang terkenal. Hingga akhirnya memungkinkan produksi sampel enzim yang sangat murni untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Karya terobosan ini memiliki harapan yang signifikan dalam upaya memerangi polusi plastik di lautan kita. Penelitian ini diterbitkan dalam Environmental Biology.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement