Senin 23 Oct 2023 17:15 WIB

Cara Mudah Olah Limbah Kantong Teh Celup, Bisa Dicoba di Rumah

Kantong dan ampas teh yang sudah diseduh menjadi salah satu limbah yang signifikan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Limbah kantong teh celup bisa dimanfaatkan untuk sesuatu yang berguna, dan tentunya bisa mengurangi sampah.
Foto:

5. Membuat pembersih kaca

Jika Anda kehabisan semprotan pembersih kaca, Anda bisa lho memanfaatkan kantong teh celup. Teh mengandung tanin sehingga dapat membantu melonggarkan kotoran dari permukaan kaca tanpa meninggalkan goresan.

Untuk membuatnya, Anda cukup tuangkan air panas ke atas kantong teh celup bekas, lalu biarkan campuran tersebut mendingin sebelum memindahkannya ke dalam botol semprot. Semprotkan pada permukaan kaca, lalu seka dengan kain microfiber, dan kaca akan bebas noda.

 

6. Membuat reed diffuser

Selain efektif untuk menyerap bau busuk, teh juga dapat digunakan untuk menyegarkan ruangan. Anda hanya perlu mengeringkan kantong teh celup bekas, lalu teteskan sedikit minyak esensial untuk membuat penyegar udara yang tahan lama yang juga membantu menyerap bau apek.

Jika ingin aroma tambahan, Anda bisa mencoba memadukan rasa teh dan minyak esensial. Misalnya, kombinasikan tas Constant Comment dengan sedikit minyak jeruk untuk kombinasi yang hangat dan menyegarkan, atau pasangkan teh hitam vanila dengan lavender untuk aroma yang menenangkan.

 

7. Menenangkan kulit

Kantong teh celup bekas juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi gejala gigitan serangga, goresan, ruam, atau luka bakar. Setelah menyeduh secangkir teh, lepaskan kantong teh dan biarkan hingga benar-benar dingin, baik pada suhu ruangan atau di lemari es. Setelah itu, oleskan pada area kulit yang terasa meradang atau gatal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement