Senin 23 Oct 2023 17:15 WIB

Cara Mudah Olah Limbah Kantong Teh Celup, Bisa Dicoba di Rumah

Kantong dan ampas teh yang sudah diseduh menjadi salah satu limbah yang signifikan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Limbah kantong teh celup bisa dimanfaatkan untuk sesuatu yang berguna, dan tentunya bisa mengurangi sampah.
Foto: Pixnio
Limbah kantong teh celup bisa dimanfaatkan untuk sesuatu yang berguna, dan tentunya bisa mengurangi sampah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Secangkir teh hangat menjadi teman terbaik untuk bersantai dan beristirahat setelah hari yang melelahkan. Namun kantong teh dan ampas tes yang telah diseduh bisa menjadi sampah yang cukup signifikan, terutama jika mempertimbangkan fakta bahwa teh adalah minuman kedua yang paling banyak dikonsumsi di dunia, merujuk data dari The Tea Association of the USA.

Untungnya, kita bisa memanfaatkan kantong teh celup bekas pakai untuk sesuatu yang lebih berguna dan tentunya mengurangi limbah. Berikut pemanfaatan yang dimaksud seperti dilansir House Digest, Senin (23/10/2023).

Baca Juga

 

1. Mempercepat proses pengomposan

Pengomposan adalah cara terbaik untuk mengurangi limbah makanan dan membuat pupuk yang kaya nutrisi untuk tanaman. Namun perlu waktu untuk mengubah sisa makanan sederhana menjadi sesuatu yang benar-benar berguna di kebun. Daun teh, bagaimanapun, dapat membantu mempercepat proses ini.

Karena daun teh bersifat asam, menambahkan isi kantong teh celup ke tempat sampah kompos setelah Anda selesai menikmati secangkir teh dapat membantu proses pengomposan.

 

2. Meningkatkan keasaman tanah

Selain mengeluarkan cita rasa ketika direndam dalam air panas, daun teh juga dapat mengubah keseimbangan pH tanah dan membantu memperbaiki ketidakseimbangan tanah. Jika Anda sedang membudidayakan tanaman seperti pakis dan mawar, ampas daun teh bisa dimanfaatkan untuk menambah keasaman dalam tanah.

Caranya cukup sederhana, buka kantong teh bekas pakai, lalu taburkan isinya di sekitar akar tanaman. Bahan tambahan ini akan meningkatkan keasaman di area tersebut dan membantu menjamin tanaman tumbuh subur.

 

3. Menghilangkan bau

Kantong teh celup bekas pakai juga bisa dipakai untuk menghilangkan aroma bau dan apek di sekitar rumah. Teh bekas pakai dapat membantu menyerap bau-bau ini dan mengusirnya tanpa parfum yang berlebihan seperti penyegar udara lain. Untuk membuat parfum ruangan alami dari teh, Anda perlu mengeringkan kantong teh celup bekas dan meletakkannya di area yang cenderung mengeluarkan bau tidak sedap.

 

4. Menyemai biji-bijian

Memulai tanaman dari biji sering kali merupakan proses yang sulit, tetapi memanfaatkan kantong teh bekas dapat membantu membuatnya sedikit lebih mudah. Jika Anda mencari cara kreatif untuk memulai benih, kumpulkan beberapa kantong teh celup bekas, lalu rendam dengan air dingin.

Letakkan di atas nampan yang dilapisi dengan handuk kertas basah, lalu buat potongan kecil di sepanjang bagian atas kantong teh. Letakkan benih ke dalam lubang dan letakkan di tempat yang hangat untuk berkecambah. Setelah berkecambah, Anda bisa memindahkan kantong teh langsung ke tanah, dan pastikan Anda telah melepaskan bagian yang memiliki perekat atau staples.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement