Selasa 24 Oct 2023 16:15 WIB

Studi: Bencana Alam dan Cuaca Ekstrem Ganggu Hormon Kortisol dalam Jangka Panjang

Trauma dari bencana alam dan cuaca ekstrem berpengaruh pada kesehatan manusia.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Bencana alam dan cuaca ekstrem membuat stres yang berulang dan menganggu hormon kortisol.
Foto:

Namun, dampak jangka panjang yang ditimbulkan oleh tsunami terhadap kesehatan tidaklah mengejutkan bagi Arun Karlamangla, seorang profesor kedokteran di University of California, Los Angeles. Ada banyak bukti, misalnya, bahwa kejadian traumatis dan stres di masa kanak-kanak dapat mempengaruhi fungsi aksis HPA dan tingkat kortisol individu hingga dewasa, dua puluh tahun atau lebih.

Memiliki kadar kortisol yang terlalu rendah sangat penting bagi kesehatan. Hal ini terkait dengan kelesuan, merasa kurang tangguh dan mudah beradaptasi dengan stresor sehari-hari, dan kesulitan memproses kecemasan dan stres. Dan para peserta studi yang memiliki kadar kortisol lebih rendah pada rambut mereka juga cenderung melaporkan persepsi yang lebih buruk tentang kesehatan mereka sendiri.

Bencana alam dan peristiwa cuaca ekstrem akan semakin sering terjadi seiring dengan perubahan iklim, dan ada kemungkinan bahwa banyak dampak jangka panjang yang muncul akan serupa dengan dampak tsunami ini. Dengan demikian, penelitian ini dapat diterapkan secara luas pada dampak jangka panjang dari perubahan iklim.

“Temuan ini menegaskan kembali perlunya sumber daya yang disalurkan untuk intervensi, seperti terapi perilaku kognitif. Intervensi tersebut harus dapat diakses oleh masyarakat lokal-dalam bahasa mereka sendiri-setelah bencana,” kata Thomas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement