Rabu 08 Nov 2023 08:22 WIB

Pupuk Indonesia Raih Penghargaan Tertinggi Asia Sustainability Reporting Rating 2023

Pupuk Indonesia dinilai terapkan standar praktik bisnis berkelanjutan.

Pupuk Indonesia Grup meraih penghargaan tertinggi Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2023.
Foto: Dok. Pupuk Indonesia
Pupuk Indonesia Grup meraih penghargaan tertinggi Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pupuk Indonesia Grup meraih penghargaan tertinggi Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2023 yang diadakan oleh National Center for Sustainability Reporting (NCSR). Pada ajang ini, NCSR memberikan penghargaan tertinggi atau platinum kepada PT Pupuk Indonesia (Persero) serta PT Petrokimia Gresik dan PT Pupuk Kalimantan Timur selaku anak perusahaan.

Sementara anak perusahaan lainnya, seperti PT Pupuk Sriwidjaja Palembang mendapatkan penghargaan peringkat emas ASRRAT 2023 dari NCSR.

Baca Juga

“Kami mengucapkan terima kasih kepada National Center for Sustainability Reporting yang telah memberikan penghargaan atau peringkat tertinggi ASRRAT 2023 kepada Pupuk Indonesia dan anak perusahaan. Penghargaan ini menggambarkan komitmen Pupuk Indonesia Grup dalam menerapkan standar pelaporan yang transparan dalam praktik bisnis berkelanjutan,” ungkap SVP Sekretaris Perusahaan Pupuk Indonesia Wijaya Laksana, dalam keterangan tertulis, Rabu (8/11/2023). 

Pupuk Indonesia dan seluruh anak perusahaannya sudah menjalankan prinsip sustainable development goals atau SDGs dalam kegiatan operasionalnya. Sebagai contoh, dikatakan Wijaya dalam hal pengelolaan lingkungan hidup yang baik, menerapkan teknologi hemat energi dan ramah lingkungan, mendukung program dekarbonisasi, hingga menjalankan program pemberdayaan ekonomi Masyarakat, serta turut berkontribusi dalam peningkatan taraf hidup Masyarakat.

 

Selain keberlanjutan, Pupuk Indonesia juga telah menerapkan kesetaraan dalam pengelolaan SDM termasuk kesetaraan gender dan hak-hak pekerja lainnya. Menurut Wijaya, proses bisnis keberlanjutan menjadi tanggung jawab semua insan Pupuk Indonesia.

Manajemen Pupuk Indonesia berharap penghargaan atau peringkat tertinggi ASRRAT 2023 ini menjadi motivasi bagi Pupuk Indonesia untuk lebih transparan dan memberikan dampak positif baik secara ekonomi maupun sosial.  

Ketua NCSR, Ali Darwin mengapresiasi para peserta ASRRAT 2023. Ia mengatakan bahwa dedikasi perusahaan dan organisasi terhadap transparansi dan akuntabilitas serta inisiatifnya untuk mengukur dan memitigasi risiko dampak lingkungan dan sosial sangat menginspirasi. Laporan keberlanjutan telah memberikan wawasan berharga mengenai kemajuan yang telah dicapai dalam mengurangi emisi, melestarikan sumber daya, dan memajukan keadilan sosial. 

"Hal ini juga berfungsi sebagai road map untuk diikuti oleh bisnis dan organisasi lain," katanya.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Juri ASRRAT 2023 Irwan Adi Ekaputra menyampaikan bahwa dengan partisipasi 68 perusahaan terkemuka, ASRRAT 2023 mengalami peningkatan signifikan dari tahun sebelumnya. Selain itu, ASRRAT 2023 juga telah diikuti oleh beberapa negara tambahan, tidak hanya dari Indonesia saja, yaitu Bangladesh, Filipina, Australia dan Rusia.

"Hal ini sungguh menggembirakan, karena menunjukkan meningkatnya komitmen dan dedikasi organisasi-organisasi di dunia menuju upaya keberlanjutan dan praktik bisnis yang bertanggung jawab," kata dia.

Irwan menyampaikan proses penilaian ASRRAT 2023 melibatkan panel yang terdiri dari lima orang juri dan tim assessor yang terdiri dari 18 penilai bersertifikat CSRS dari seluruh Indonesia. Evaluasi cermat dan panduan mendalam sangat penting dalam menegakkan standar Global Reporting Initiative (GRI), sehingga memungkinkan kami menjaga transparansi dan akuntabilitas dalam menilai praktik keberlanjutan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement