Senin 20 Nov 2023 06:28 WIB

9 Cara Kurangi Jejak Karbon di Rumah

Perubahan gaya hidup sehari-hari bisa berdampak besar bagi perubahan iklim.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Gaya hidup sehari-hari juga meninggalkan jejak karbon.
Foto:

6. Matikan lampu dan cabut kabel listrik

Matikan lampu ketika meninggalkan ruangan untuk menghemat energi dan menurunkan tagihan listrik. Jika Anda menggunakan lampu neon atau lampu CFL, matikan lampu jika Anda berencana meninggalkan ruangan selama lebih dari 15 menit. Mungkin perlu waktu untuk membangun kebiasaan ini, tetapi akan sepadan dalam jangka panjang.

Selain itu, peralatan elektronik yang dicolokkan akan terus menyedot energi listrik meskipun Anda tidak memakainya. Karenanya, mencabut peralatan dan barang elektronik tidak hanya akan mengurangi jejak karbon di rumah, tetapi juga dapat menghemat uang sekitar 5 hingga 10 persen dari tagihan listrik.

 

7. Go digital

Pertimbangkan untuk mengurangi penggunaan kertas sebanyak mungkin untuk mengurangi jejak karbon di rumah. Banyak dokumen yang sebelumnya harus dicetak, seperti tanda terima, catatan bank, dan tagihan, sekarang dapat ditemukan secara elektronik

 

8. Reuse, Reduce, dan Recycle

Menerapkan konsep 3R atau Reuse, Reduce, dan Recycle dapat membantu mengurangi jejak karbon di rumah. Reuseartinya kita hanya membeli yang dibutuhkan dan pastikan untuk memilih produk dengan kemasan yang lebih minimal. Kemudian Reduce, artinya kita harus mulai menggunakan barang-barang yang bisa digunakan berkali-kali, mulai dari botol air isi ulang, tas belanja yang bisa dipakai berkali-kali, dan lainnya.  

Recycle artinya mendaur ulang. Untuk mendaur ulang sampah, pisahkan terlebih dahulu sampah dari barang-barang yang dapat didaur ulang termasuk kertas, kaca, karton, aluminium, dan baterai timbal. Setelah itu, salurkan barang tersebut ke pusat pengelolaan daur ulang terdeka.

 

9. Kurangi membuang makanan

Hampir 40 persen dari semua makanan di Amerika Serikat terbuang sia-sia, yang sebagian besar berubah menjadi metana di TPA. Pastikan untuk membuat perencanaan makanan termasuk menu dan porsi yang sekiranya cukup, sehingga Anda bisa mengurangi bahkan tidak menghasilkan limbah makanan.

Jika ada limbah pangan, langkah lain yang bisa dilakukan adalah dengan mencoba membuat kompos. Pengomposan, sebuah proses alami penguraian bahan untuk menciptakan tanah yang kaya nutrisi, adalah cara terbaik untuk mengurangi jejak karbon di rumah sekaligus mengurangi jumlah makanan yang berakhir di TPA. Pengomposan juga berfungsi sebagai pupuk untuk tanaman.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement