Kamis 30 Nov 2023 16:25 WIB

11 Bahan Paling Berbahaya di Dalam Make Up Ini Ternyata Bisa Rusak Lingkungan

Produk kecantikan seringkali mengandung bahan berbahaya yang tersembunyi.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Produk make up seringkali mengandung bahan berbahaya dan bisa merusak lingkungan.
Foto:

6. Merkuri

Ditemukan dalam produk perawatan kulit dan produk peningkat kesehatan mata tertentu, merkuri dapat terakumulasi di lingkungan air, yang menyebabkan toksisitas pada kehidupan laut. Selain itu, pembuangan produk yang mengandung merkuri secara tidak benar dapat menyebabkan pelepasan merkuri ke atmosfer, yang dapat membahayakan manusia dan satwa liar.

 

7. Wewangian Sintetis

Istilah "wewangian" yang sulit dipahami sering kali menyembunyikan campuran bahan kimia berbahaya, seperti ftalat dan alergen, yang dapat berkontribusi pada polusi udara dan menyebabkan efek kesehatan yang merugikan pada manusia dan hewan.

 

8. Toluena

Sering digunakan dalam cat kuku, toluena mengeluarkan senyawa organik yang mudah menguap yang berkontribusi terhadap polusi udara ketika dilepaskan ke atmosfer. Paparan toluena dalam waktu lama dapat menyebabkan masalah kesehatan yang parah dan berdampak negatif pada kualitas udara. Essie, sebuah merek kutek vegan, dilaporkan masih mengandung toluena.

 

9. Coal tar

Digunakan dalam berbagai produk kosmetik, coal tar - produk sampingan dari pengolahan batu bara - mengandung banyak senyawa karsinogenik. Produksi dan pembuangannya tidak hanya membahayakan lingkungan tetapi juga menimbulkan bahaya pekerjaan yang signifikan.

 

10. Triclosan

Banyak dimasukkan ke dalam produk make up yang berlabel "antibakteri", triclosan dapat bertahan di lingkungan dan mengganggu ekosistem perairan. Bahan kimia ini telah dikaitkan dengan gangguan hormon pada manusia dan menimbulkan ancaman bagi keanekaragaman mikroba.

 

11. Mikroplastik

Seringkali tersembunyi di dalam scrub eksfoliasi kulit, lipstik, dan produk kosmetik lainnya, mikroplastik adalah partikel plastik kecil yang terakumulasi di badan air, membahayakan kehidupan laut dan berpotensi memasuki rantai makanan.

Bahan-bahan makeup yang berbahaya dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap satwa liar dan ekosistem. Ketika bahan-bahan ini dicuci atau dibuang, mereka dapat masuk ke saluran air dan tanah, yang menyebabkan polusi. Polusi ini dapat membahayakan kehidupan akuatik, seperti ikan dan organisme laut lainnya, serta hewan darat yang bergantung pada sumber air bersih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement