Kamis 07 Dec 2023 01:16 WIB

Stephen Hawking Pernah Prediksi Akhir dari Dunia, Salah Satunya Krisis Iklim

Stephen Hawking memprediksi hal yang mengerikan tentang akhir dari dunia.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Stephen Hawking.
Foto:

4. Ancaman virus hasil rekayasa genetika

Pada tahun 2016, Stephen Hawking memberikan ceramah di BBC's Reith Lectures, dan di dalamnya, ia menyebut virus hasil rekayasa genetika sebagai ancaman serius yang bisa mengakhiri ras manusia. Medical Daily setuju, mengutip sebuah artikel dari Journal of Toxicology and Environment Health yang mengatakan bahwa virus-virus ini memiliki ketidakpastian yang signifikan dan sejumlah potensi bahaya yang berbahaya.

 

5. Usia Bumi hanya 100 tahun lagi

Pada 2017, Stephen Hawking menetapkan tenggat waktu bagi umat manusia untuk menyelamatkan diri. Dalam 100 tahun ke depan, ia memperingatkan, kita harus menjajah Mars dan planet-planet lainnya. Jika tidak, kita mungkin tidak akan selamat dari perubahan iklim, penyakit, dan versi malapetaka lain yang akan menimpa kita di abad ini.

Pandangan pesimis Hawking terhadap umat manusia bukanlah hal yang baru. Namun, dalam sebuah ceramah yang disampaikan melalui Skype di festival sains dan seni Starmus pada bulan Juni 2017, ilmuwan dan penulis yang sangat terkenal ini menyampaikan pendapatnya secara lebih mendesak setelah keputusan Presiden Donald Trump untuk menarik Amerika Serikat keluar dari perjanjian iklim Paris pada tanggal 1 Juni.

“Kita telah memberikan planet kita hadiah bencana berupa perubahan iklim. Ketika kita telah mencapai krisis yang sama, biasanya ada tempat lain untuk dijajah. Tapi tidak ada dunia baru, tidak ada utopia di tikungan. Kita kehabisan ruang angkasa, dan satu-satunya tempat yang bisa dituju adalah dunia lain,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement