Rabu 20 Dec 2023 08:22 WIB

Dampak Perubahan Iklim, Hujan di Kenya Dua Kali Lipat Lebih Deras

Cuaca ekstrem di Kenya tak kunjung berakhir dengan intensitas hujan yang deras.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Seorang pria melewati rumah-rumah yang terendam banjir di Kenya (ilustrasi).
Foto: AP Photo/Thoko Chikondi
Seorang pria melewati rumah-rumah yang terendam banjir di Kenya (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cuaca ekstrem yang terjadi di Kenya belum berakhir. Militer Kenya telah meningkatkan upaya untuk mengevakuasi ratusan orang yang terjebak banjir. Ratusan orang telah tewas dan jutaan lainnya terkena dampak sejak hujan mulai turun pada Oktober.

Pekan lalu, para ilmuwan mengonfirmasi bahwa perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia telah membuat hujan menjadi dua kali lebih deras. Joyce Kimutai, ahli meteorologi utama di Departemen Meteorologi Kenya dan penulis utama studi World Weather Atribution, mengatakan bahwa temuan ini menekankan bahaya pemanasan planet yang terus berlanjut dan perlunya manusia mengurangi emisi.

Baca Juga

“Apa yang dikatakan planet ini kepada kita adalah 'Anda terus memanaskan saya, dan tidak ada cara lain untuk menghilangkan panas tersebut selain meningkatkan perilaku atmosfer’," ujar Kimutai, yang juga seorang peneliti di Imperial College London.

Puluhan ribu orang di Kenya Utara juga telah kehilangan ternak, lahan pertanian dan rumah akibat banjir yang digambarkan oleh kelompok-kelompok bantuan sebagai yang terburuk dalam 100 tahun terakhir. Hujan juga telah menyebabkan peningkatan kolera dan penyakit-penyakit yang ditularkan melalui air di beberapa daerah.

"Apa yang kita saksikan di Kenya, Somalia, dan Ethiopia merupakan pukulan telak lainnya terhadap situasi kemanusiaan yang sudah rapuh," kata Melaku Yirga, direktur regional Afrika di lembaga kemanusiaan, Mercy Corps.

"Banjir telah menghanyutkan seluruh desa, menyapu bersih rumah-rumah, lahan pertanian, dan infrastruktur penting yang diperlukan untuk mendukung pemulihan yang cepat dan pergerakan orang, barang, dan bantuan kemanusiaan yang sangat dibutuhkan,” tambah dia seperti dilansir Euro News, Rabu (20/12/2023).

Departemen meteorologi Kenya telah memperingatkan bahwa hujan lebat akan terus berlanjut hingga tahun baru. Mereka mengimbau masyarakat yang tinggal di dataran rendah dan daerah rawan banjir untuk segera mengungsi.

Kenya bukanlah satu-satunya negara yang terkena dampaknya. Di negara tetangganya, Somalia, jumlah korban tewas mencapai 110 orang pada Senin, dengan lebih dari 1 juta orang mengungsi. Begitupun di Ethiopia, hujan telah menyebabkan kematian 57 orang dan pengungsian lebih dari 600 ribu orang pada 27 November. Sementara di Tanzania, banjir besar dan tanah longsor di bagian utara negara itu menewaskan sedikitnya 68 orang dan melukai 100 orang akhir pekan lalu.

Perubahan iklim telah membuat hujan menjadi lebih sering dan intens. Bulan Oktober hingga Desember merupakan musim hujan yang pendek di Afrika Timur, dengan frekuensi dan intensitas hujan yang dipengaruhi oleh dua fenomena iklim yang terjadi secara alami: El Nino Southern Oscillation (ENSO) dan Indian Ocean Dipole (IOD), yang tahun ini telah meningkatkan kemungkinan terjadinya hujan lebat.

Untuk menilai bagaimana perubahan iklim dapat mempengaruhi musim tahun ini, 10 peneliti menggunakan data cuaca dari tiga negara, serta simulasi model iklim, untuk membandingkan bagaimana musim telah berubah dalam iklim saat ini, yang telah menghangat sekitar 1,2 derajat Celcius, dengan iklim pra-industri yang lebih dingin.

Mereka menemukan bahwa besarnya curah hujan meningkat hampir dua kali lipat akibat pemanasan global. Para ilmuwan juga mengatakan bahwa IOD memberikan kontribusi yang hampir sama terhadap intensitasnya.

Para peneliti juga menemukan bahwa curah hujan yang terjadi antara Oktober dan Desember merupakan salah satu yang paling intens yang pernah tercatat pada musim hujan pendek selama 40 tahun terakhir.

Temuan ini menunjukkan dampak pembakaran bahan bakar fosil, yang sebagian besar dilakukan oleh negara-negara kaya, terhadap populasi yang rentan. Dunia mengalami iklim yang semakin ekstrem. Emisi gas rumah kaca, yang memerangkap panas dan menghangatkan planet ini, meningkat hingga mencapai rekor tertinggi. Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) baru-baru ini mengatakan bahwa tahun 2023 hampir pasti akan menjadi tahun terpanas yang pernah tercatat dan memperingatkan akan adanya peristiwa iklim yang lebih mengkhawatirkan.

Studi ini juga mengamati dampak hujan lebat terhadap masyarakat di wilayah tersebut. Para peneliti menemukan bahwa masyarakat masih kesulitan menghadapi dampak hujan karena mereka belum pulih dari guncangan dahsyat akibat kekeringan selama tiga tahun yang juga diperburuk oleh perubahan iklim. Mereka mengatakan meningkatnya risiko akibat cuaca ekstrem dapat menghambat respons pemerintah dan organisasi kemanusiaan.

Hujan deras dan banjir bandang telah menyebabkan banyak kematian, pengungsian, dan kerusakan infrastruktur di beberapa bagian Afrika Timur, yang berdampak pada jutaan orang sejak bencana tersebut terjadi pada bulan Oktober. Situasi di Afrika Timur menekankan kebutuhan mendesak untuk adaptasi perubahan iklim dan pendekatan regional untuk mengatasi krisis ini, demikian menurut Musavengana Chibwana, advokasi kemanusiaan regional dan manajer kebijakan untuk Afrika timur dan selatan di organisasi kemanusiaan Save the Children.

“Beberapa bulan yang lalu, kekeringan yang berkepanjangan di Tanduk Afrika dan kekurangan air merenggut banyak nyawa; sekarang, air banjir juga mengalami hal yang sama. Ini merupakan indikasi jelas bahwa krisis iklim semakin parah,” kata Chibwana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement