Senin 08 Jan 2024 10:32 WIB

Bank Sentral Dinilai Harus Perangi Perubahan Iklim, Ini Alasannya Menurut Studi

Bank Sentral memiliki kekuatan besar untuk masa depan, salah satunya isu iklim.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Pendanaan iklim menjadi fokus utama dalam pertemuan COP28.
Foto: www.freepik.com
Pendanaan iklim menjadi fokus utama dalam pertemuan COP28.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendanaan iklim merupakan fokus utama dalam pertemuan COP28, dan bank sentral memiliki peran krusial dalam hal ini. Bank sentral adalah lembaga publik yang bertugas menjaga stabilitas ekonomi dengan mengendalikan pasokan uang dalam perekonomian. Bank-bank ini memiliki kekuatan yang sangat besar untuk mengkatalisasi masa depan yang lebih adil, merata, dan stabil secara iklim.

Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa kebijakan bank sentral justru memperlambat aksi iklim yang transformatif. Masalahnya adalah bank-bank ini berfokus pada stabilitas keuangan dalam jangka pendek, yang berarti mendukung status quo yang mendorong ketidakstabilan iklim lebih lanjut. Itu berarti mereka membuat keadaan semakin tidak stabil dalam jangka panjang.

Baca Juga

Penelitian yang dilakukan Martin Sokol, Associate Professor of Economic Geography di Trinity College Dublin, dan Jennie C Stephens selaku Profesor Ilmu & Kebijakan Keberlanjutan di Northeastern University, menunjukkan bahwa stabilitas jangka panjang tidak dapat dicapai tanpa mengubah sistem keuangan yang ada terlebih dahulu.

“Salah satu cara untuk melakukan hal ini adalah dengan menggunakan alat yang telah tersedia bagi bank sentral untuk memicu disrupsi jangka pendek yang disengaja untuk mengalihkan arus keuangan dan menciptakan stabilitas yang lebih besar dalam jangka panjang, kami menyebutnya sebagai creative disruption,” kata Sokol seperti dilansir The Conversation, Senin (8/1/2024).

Sokol menilai, bank sentral umumnya berusaha menjaga kestabilan ekonomi dengan mengendalikan inflasi melalui suku bunga. Dengan gangguan iklim yang menyebabkan ketidakstabilan yang semakin meningkat setiap tahun, banyak bank sentral mulai memperhatikan iklim dengan lebih serius. Namun, ketika stabilitas harga terancam oleh peningkatan inflasi, bank sentral dengan cepat melupakan iklim.

“Sebagai contoh, kenaikan suku bunga yang agresif baru-baru ini secara tidak proporsional telah memukul sektor energi terbarukan dan mempersulit masyarakat dan pemerintah untuk mengumpulkan dana untuk langkah-langkah lain yang akan membantu mengurangi emisi atau beradaptasi dengan perubahan iklim. Dari perspektif jangka panjang dan dari sudut pandang keadilan iklim, hal ini kontraproduktif,” ungkap Sokol.

Untuk menjaga stabilitas ekonomi jangka pendek ketika COVID melanda, bank-bank sentral di seluruh dunia dengan cepat meminjamkan dana kepada bank-bank komersial dengan berbagai cara - bahkan dengan suku bunga negatif. Namun, tanpa pamrih, bank-bank meminjamkan uang ini kepada industri bahan bakar fosil dan perusahaan-perusahaan kaya lainnya.

Selama pandemi, ungkap Stephen, banyak bank sentral juga meningkatkan jumlah uang beredar, dalam proses yang disebut pelonggaran kuantitatif, untuk menstimulasi ekonomi, dan sebagian dari uang ini berakhir di kantong-kantong industri yang padat karbon.

“Upaya-upaya untuk menstabilkan pasar keuangan ini memperkuat dan memperburuk ketimpangan yang sangat besar dalam hal kekayaan dan kekuasaan, dan merupakan peluang yang terlewatkan untuk meningkatkan dukungan bagi ekonomi hijau,” jelas Stephen.

Itulah sebabnya dalam penelitian terbarunya, Sokol dan Stephen menganalisis bank sentral dari sudut pandang keadilan iklim. Keadilan iklim adalah sebuah pendekatan terhadap aksi iklim yang melampaui fokus sempit pada dekarbonisasi dan emisi, serta berfokus pada perubahan sosial dan kesetaraan ekonomi sebagai cara untuk membuat orang tidak terlalu rentan terhadap perubahan iklim. Hal ini berarti merestrukturisasi sistem keuangan agar dapat bekerja untuk kepentingan semua orang, bukan hanya untuk 1 persen orang terkaya.

“Jadi, alih-alih menstabilkan pasar dengan mendukung kepentingan korporasi dan sektor keuangan dalam jangka pendek, kami menyarankan agar bank sentral mulai memprioritaskan stabilitas jangka panjang. Creative disruption jangka pendek yang disengaja akan membalikkan arus keuangan yang sudah mapan dan akan mulai menyalurkan investasi ke arah yang paling rentan,” kata Stephen.

Sebagai contoh, bank sentral dapat membantu pemerintah daerah membiayai proyek-proyek infrastruktur iklim yang ambisius atau secara langsung mendukung program investasi publik yang berorientasi pada masyarakat.

Daripada terus berfokus secara sempit pada inflasi untuk menentukan tingkat suku bunga di seluruh perekonomian, bank sentral dapat menciptakan tingkat suku bunga yang berbeda untuk berbagai jenis investasi - menetapkan tingkat suku bunga yang tinggi untuk kegiatan intensif karbon dan tingkat suku bunga rendah atau nol untuk energi terbarukan. Bank of Japan adalah salah satu dari beberapa bank sentral yang telah mulai bereksperimen dengan skema tersebut.

Menurut Stephen, bank-bank sentral juga dapat menciptakan suku bunga nol atau negatif untuk investasi keadilan iklim. Bayangkan jika setiap rumah tangga dapat menginsulasi rumah, memasang heat pump dan panel surya, lalu mendapatkan bayaran untuk itu. Dan masyarakat yang paling rentan harus dilayani terlebih dahulu, bukan yang terakhir.

“Jika bank sentral dapat menggunakan suku bunga negatif untuk menyelamatkan bank selama krisis COVID, mereka pasti dapat menggunakan alat tersebut untuk menyelamatkan manusia dan planet ini dalam krisis iklim. Inovasi seperti ini dapat mengubah lanskap keuangan, dan membentuk kembali ketidakadilan keuangan yang mendominasi saat ini. Dan masih banyak lagi yang dapat dilakukan oleh bank sentral,” kata Stephen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement