Selasa 16 Jan 2024 13:27 WIB

Mengunjungi Area Konservasi Bakau di Shenzhen China, Rumah Bagi Ratusan Ribu Burung Air

Cagar alam Bakau Futian fokus melindungi bakau dan burung air.

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Nora Azizah
Teleskop bisa dimanfaatkan pengunjung untuk melihat burung di Futian Mangrove National Nature Reserve, Shenzhen, China.
Foto: Qommaria Rostanti/Republika
Teleskop bisa dimanfaatkan pengunjung untuk melihat burung di Futian Mangrove National Nature Reserve, Shenzhen, China.

REPUBLIKA.CO.ID, 

Oleh: Qommarria Rostanti dari Shenzhen, China

Baca Juga

SHENZHEN -- Di Kota Shenzhen, China, terdapat area konservasi bakau bernama Futian Mangrove National Nature Reserve. Cagar Alam Nasional Bakau Futian menjadi tempat pulang atau rumah bagi hampir 100 ribu water bird atau burung air saat musim dingin. 

“Mereka bermigrasi dari Peninsula, Korea, ke sini pada Oktober hingga Maret. Setelah itu, mereka akan kembali lagi,” kata Guangdong Neilingding Futian National Nature Reserve Administration Guide, Philippe, saat ditemui Republika.co.id di Shenzhen, Provinsi Guangdong, China, akhir pekan lalu.

Cagar Alam Nasional Bakau Futian berada di kawasan Cagar Alam Nasional Guangdong Neilingding Futian yang didirikan pada Oktober 1984 dan ditingkatkan statusnya menjadi cagar alam nasional pada 1988. Luas wilayahnya 921,64 hektare. 

“Untuk area konservasi lahan bakau seluas 368 hektare,” kata dia. 

Cagar Alam Bakau Futian fokus pada perlindungan bakau dan burung air. Cagar alam ini berbatasan dengan laut dan terkonsentrasi di lahan basah bakau di Teluk Shenzhen (disebut Deep Bay di Hong Kong).

Bakau dapat melindungi tanggul dan ikan, udang, kepiting, dan kerang di hutan dari angin kencang dan gelombang laut. Pada saat yang sama, ia menyediakan tempat bagi burung untuk berkembang biak, hidup pada musim dingin, dan mencari makan.

Hampir 100 ribu burung air termasuk bangau, burung pantai, burung camar, dan burung kormoran, melewati musim dingin di kawasan ini setiap tahunnya. Cagar Alam Bakau Futian juga menjadi salah satu tempat musim dingin utama bagi burung paruh sendok berwajah hitam yang terancam punah secara global. 

Jumlah burung sendok berwajah hitam, burung yang terancam punah dan langka secara global, di sini menyumbang sekitar 4,5 persen dari total global. Menurut survei, terdapat 6.633 burung sendok berwajah hitam di dunia pada tahun 2023, dan 299 burung paruh sendok berwajah hitam di dunia pada tahun 2023 di Teluk Shenzhen.

Keanekaragaman hayati lahan basah dapat dilihat dari 223 jenis tumbuhan tingkat tinggi, 40 jenis ikan, dan 280 jenis burung. Pola ekologi dari “pasang surut-bakau-pasang di darat” menjadikan Teluk Shenzhen surga bagi burung air dan habitat musim dingin. Dengan kata lain, wilayah ini menjadi stasiun pengisian ulang bagi burung-burung yang bermigrasi di belahan bumi timur. 

Philippe menjelaskan soal rantai makanan di Cagar Alam Bakau Futian. Bakau mendukung berbagai jenis organisme. Daun-daun dan cabang-cabang tanaman bakau yang mati memasok dan melindungi banyak hewan bentos di puncak rantai makanan. 

Hewan bentos, pada gilirannya, menarik 'konsumen' yang lebih maju seperti burung. Sisa-sisa tumbuhan dan hewan dilebur oleh mikroorganisme kemudian masuk kembali ke dalam siklus rantai makanan. “Bersama-sama, hutan bakau, hewan bentos, burung, dan mikroorganisme membentuk ekosistem yang kuat dan berkelanjutan,” kata dia. 

photo
Papan informasi yang berada di Futian Mangrove National Nature Reserve. Papan tersebut berisi informasi mengenai beberapa jenis burung yang bermigrasi ke kawasan tersebut pada musim dingin.Ada cukup banyak papan informasi disediakan pihak pengelola untuk memudahkan pengunjung. - (Qommarria Rostanti/Republika)

 

Terdapat 86 jenis makrofauna bentonik yang terdapat di Cagar Alam Nasional Bakau Futian. Makrofauna bentonik merupakan kelompok ekologi khusus dan juga merupakan bagian penting dari ekosistem bakau. Mereka tidak hanya menjadi konsumen aktif sisa-sisa dedaunan, tetapi juga merupakan sumber makanan utama unggas air. 

Selain itu, pergerakan penggalian fauna bentonik di hutan bakau akan meningkatkan ventilasi lingkungan tanah dan bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman bakau. Organisme bentonik yang hidup di dataran lumpur bakau yang menjadi makanan burung antara lain Uca arcuate, Boleophthalmus pectinirostris, Neanthes glandicincta, Dendronereis pinnaticirris, dan lainnya. 

Kawasan Cagar Alam Bakau Futian dibagi menjadi kawasan inti, kawasan penyangga, dan kawasan percobaan. Kawasan inti dan kawasan penyangga tidak dibuka untuk umum yang bisa didatangi pengunjung hanya kawasan percobaan.

Kawasan tersebut dilengkapi dengan paviliun pengamatan burung, teleskop, hingga fasilitas ilmu pengetahuan lainnya. Pengunjung tidak dipungut biaya alias gratis, terapi harus booking jadwal kedatangan terlebih dahulu secara daring untuk mencegah penumpukan pengunjung.

Teleskop bisa dimanfaatkan pengunjung untuk melihat burung. Jika beruntung, pengunjung dapat melihat jenis burung air yang ada di kawasan bakau Futian. “Mereka (burung air) terkadang bisa terlihat lewat teropong,” ujar Phillip. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement