Ahad 21 Jan 2024 20:15 WIB

Gibran: Green Job Jadi Tren Peluang Kerja Masa Depan

Indonesia harus bersyukur lantaran memiliki sumber daya alam (SDA) kaya.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ahmad Fikri Noor
Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka berbicara saat Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Ahad (21/1/2024).
Foto: Republika/Prayogi
Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka berbicara saat Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Ahad (21/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka mengatakan, Indonesia merupakan negara besar. Gibran menyampaikan Indonesia harus bersyukur lantaran memiliki sumber daya alam (SDA) yang sangat kaya, yang mana memiliki cadangan nikel terbesar dunia dan cadangan timah terbesar nomor dua.

"Program hilirisasi harus dilanjutkan dan diperluas cakupannya. Tidak hanya hilirisasi tambang, tapi hilirisasi pertanian, maritim, dan hilirisasi digital. Intinya kita tidak boleh lagi mengirim barang mentah," ujar Gibran saat debat cawapres dengan tema pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Ahad (21/1/2024).

Baca Juga

Gibran berjanji akan mendorong transisi energi hijau seperti bioavtur, biodiesel, dan bioetabhol dalam mengurangi ketergantungan pada energi fosil. Gibran akan meneruskan program yang sudah berjalan seperti B35 dan B40.

Gibran menyampaikan potensi EBT Indonesia juga sangat besar denah kapasitas mencapai 3.686 GW melalui energi surya, angin, air, bio energi, hingga panas bumi. Gibran menyebut perlunya kerja sama pentahelix ke depan untuk meningkatkan program tersebut.  

"Jika agenda hilirisasi, pemerataan pembangunan, transisi energi hijau, ekonomi kreatif, UMKM, bisa kita kelola, insya Allah akan terbuka 19 juta lapangan kerja untuk generasi muda dan perempuan," ucap Gibran. 

Gibran menyebut lima juta di antaranya ialah green job yakni peluang kerja di sektor kelestarian lingkungan. Gibran menilai green job akan menjadi tren peluang kerja masa kini dan masa depan.

"Untuk dorong kesejahteraan petani, akan kita dorong terus ketersediaan pupuk dan bibit yang mudah dan murah. Untuk menjaga stabilitas harga pangan akan kita optimalkan peran TPID, ID Food, Badan Pangan Nasional, dan Bulog," sambung Gibran. 

Gibran juga mendorong mekanisasi dan smart farming dalam meningkatkan produktivitas petani. Untuk reforma agraria, Gibran akan melanjutkan kebijakan terkait kepemilikan tanah dan pemanfaatan yang lebih berkeadilan seperti program PTSL.

Gibran menilai anggaran dana dana desa terbukti menurunkan angka desa tertinggal dan meningkatkan desa berwenang dan mandiri. Untuk itu, Gibran berjanji akan meningkatkan anggaran dana desa sesuai dengan kekuatan fiskal negara. 

"RUU masyarakat hukum adat akan didorong lebih berkeadilan sesuai prinsip SDGs, tidak ada satu pun yang tertinggal. Narasi besarnya, keberlanjutan dan penyempurnaan," kata Gibran.

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement