Senin 05 Feb 2024 15:27 WIB

Sering Pakai Jet Pribadi yang Dikaitkan Emisi Karbon, Taylor Swift Jadi Sorotan

Publik menyorot penggunaan jet pribadi Taylor Swift dalam setiap penerbangan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Penyanyi-penulis lagu Taylor Swift.
Foto: EPA-EFE/SARAH YENESEL
Penyanyi-penulis lagu Taylor Swift.

REPUBLIKA.CO.ID, 

JAKARTA -- Selama beberapa pekan terakhir, sorotan terhadap perjalanan Taylor Swift dengan jet pribadi telah merebak di media sosial. Banyak di antara warganet yang mengkritisi kebiasaan Swift menggunakan jet pribadi dan menunjukkan emisi karbon dioksida dari setiap penerbangan tersebut.

Baca Juga

Swift juga diketahui berpacaran dengan pemain tight end Kansas City Chiefs Travis Kelce, salah satu pemain NFL yang paling populer. Romansa yang berkembang antara pasangan itu telah diawasi dengan ketat, di mana Swift muncul di beberapa pertandingan — yang berarti banyak perjalanan dengan jet pribadi. Pembicaraan semakin ramai dalam beberapa hari terakhir, setelah Chiefs mengalahkan Baltimore Ravens pada Ahad, mengirim mereka ke Super Bowl, yang berada di Las Vegas pada 11 Februari.

Swift ada dalam dalam daftar panjang selebriti, pejabat pemerintah dan pebisnis elit yang mendapat sorotan tentang perjalanan jet pribadi. Melihat perjalanan Swift baru-baru ini, emisi karbon dioksida dari jet pribadi versus pesawat komersial dan salah satu solusi yang paling umum, meskipun kontroversial, yang ditawarkan untuk mengatasi polusi tersebut.

 

Jika Swift menghadiri Super Bowl, ia akan melakukan perjalanan dari Tokyo, tempat ia melakukan tur. Itu berarti lebih dari 30.500 kilometer dengan jet pribadi hanya dalam waktu kurang dari dua pekan. Berapa banyak karbon dioksida yang akan dihasilkan?

Meskipun emisi karbon yang tepat bergantung pada banyak faktor, seperti jalur penerbangan dan jumlah penumpang, perkiraan kasar dapat dilakukan. Gregory Keoleian, salah satu direktur Pusat Sistem Berkelanjutan di University of Michigan, memperkirakan bahwa perjalanan sejauh 30.500 kilometer dengan menggunakan Dassault Falcon 900LX, salah satu jet Swift, dapat melepaskan lebih dari 200 ribu pon emisi karbon dioksida.

Jumlah tersebut sekitar 14 kali lipat dari rata-rata emisi rumah tangga Amerika dalam setahun, menurut data dari Administrasi Informasi Energi AS.

“Ada cara lain yang penting yang dapat dilakukan oleh figur publik yang terbang dengan pesawat pribadi untuk mengatasi perubahan iklim, seperti melalui pengaruh mereka terhadap sikap dan persepsi publik, investasi dan siapa yang mereka pilih,” tegas Keoleian seperti dilansir AP, Senin (5/2/2024).

Kontroversi mengenai penggunaan jet pribadi oleh Swift menggambarkan kesenjangan yang besar antara orang kaya dan orang yang berpenghasilan lebih rendah dalam hal emisi gas rumah kaca yang dihasilkan oleh setiap orang.

"Anda melihat hal ini terjadi dalam skala mikrokosmos (dengan Swift), namun hal ini juga terjadi di negara-negara industri dalam hal emisi karbon secara historis," kata Julia Stein, seorang profesor di Fakultas Hukum University of California, Los Angeles.

Swift adalah yang terbaru dari sekian banyak orang terkenal yang diteliti atas polusi dari perjalanan keliling dunia mereka. Elon Musk, Bill Gates, Leonardo DiCaprio dan banyak orang lainnya secara berkala mendapat sorotan karena perjalanan mereka dengan jet pribadi.

"Sangat mengejutkan bahwa Nona Swift mendapatkan begitu banyak kemarahan ketika pelanggan jet pribadi sebagian besar adalah pria berusia di atas 50 tahun. Fokusnya seharusnya pada kelas masyarakat yang lebih luas,” kata Jeff Colgan, seorang profesor ilmu politik di Brown University.

Acara-acara besar, mulai dari Olimpiade hingga KTT iklim tahunan PBB juga dikritik karena ribuan orang yang terbang untuk menghadiri acara-acara tersebut, yang semuanya berkontribusi terhadap perubahan iklim.

Semua perjalanan udara menghasilkan emisi, meskipun jet pribadi menghasilkan lebih banyak emisi per orang. Sebuah studi pada tahun 2023 oleh Institute for Policy Studies menemukan bahwa jet pribadi mengeluarkan setidaknya 10 kali lebih banyak polutan per penumpang dibandingkan dengan pesawat komersial.

Salah satu cara yang sering dibahas untuk mengatasi polusi perjalanan udara adalah dengan membayar penyeimbangan karbon, yang bertujuan untuk menyeimbangkan emisi yang dikeluarkan. Sebagai contoh, pohon dapat menyerap karbon dari udara, sehingga program penyeimbangan mencakup penanaman pohon yang, setidaknya secara teori, dapat menyeimbangkan polusi dari perjalanan udara.

Gates telah membela perjalanannya dengan jet pribadi, dengan mengatakan bahwa ia membeli penyeimbang dan mendukung teknologi bersih dan inisiatif keberlanjutan lainnya. Begitupun Taylor Swift, di mana juru bicaranya mengatakan kepada The Associated Press bahwa Taylor membeli lebih dari dua kali lipat kredit karbon yang dibutuhkan untuk mengimbangi semua perjalanan turnya.

Namun, masih ada banyak pertanyaan tentang efektivitas penggantian kerugian. Program ini diatur secara longgar dan investigasi yang dilakukan thinktank dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan bahwa beberapa program melebih-lebihkan jumlah karbon yang ditangkap atau memiliki praktik yang patut dipertanyakan.

"Penggantian kerugian masih menjadi bagian dari perubahan iklim yang paling liar dan penuh dengan penipuan, proyek-proyek yang gagal, dan efektivitas yang meragukan. Menanam pohon, misalnya, bisa saja berhasil atau tidak tergantung bagaimana hutan dikelola dalam jangka panjang,” ujar Jonathan Foley, direktur eksekutif Project Drawdown, sebuah kelompok yang mempublikasikan solusi-solusi iklim.

Foley, bersama dengan banyak ilmuwan iklim dan pakar kebijakan, berpendapat bahwa alih-alih melakukan penyeimbangan untuk perjalanan udara, akan jauh lebih baik untuk mengurangi penggunaan pesawat, terutama jet pribadi, sambil mengembangkan bahan bakar yang lebih bersih. Beberapa perusahaan penerbangan juga sedang mengembangkan pesawat yang digerakkan oleh listrik, sehingga tidak menghasilkan emisi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement