Jumat 15 Mar 2024 15:08 WIB

Studi: Ada 16 Ribu Bahan Kimia dalam Plastik, Lebih Banyak dari Perkiraan PBB 

Hanya 6 persen bahan kimia dalam plastik yang diatur secara internasional.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Friska Yolandha
Kantong plastik (ilustrasi). Terdapat lebih dari 16 Ribu jenis bahan kimia dalam plastik.
Foto:

Meskipun industri plastik mengatakan bahwa setiap perjanjian global harus mempromosikan daur ulang dan penggunaan kembali plastik, kata Wagner, mengatasi sampah plastik tidak cukup untuk melindungi masyarakat.

Para ilmuwan menandai perlunya transparansi yang lebih besar tentang bahan kimia apa - termasuk bahan tambahan, alat bantu pemrosesan, dan kotoran yang terkandung dalam plastik, termasuk produk daur ulang.

Menurut laporan itu, seperempat dari bahan kimia yang teridentifikasi tidak memiliki informasi dasar tentang identitas kimia dasarnya.

"Inti masalahnya adalah kompleksitas kimiawi plastik. Seringkali produsen tidak benar-benar mengetahui jenis bahan kimia apa yang ada di dalam produk mereka dan itu berasal dari rantai nilai yang sangat kompleks,” kata Wagner, yang juga menjabat sebagai dewan Koalisi Ilmuwan untuk Effective Plastics Treaty.

Wagner mengatakan bahwa hanya 6 persen bahan kimia yang ditemukan dalam plastik yang diatur secara internasional. Tanpa tekanan regulasi, tidak ada motivasi untuk mengungkapkan apa yang ada di dalam plastik.

Perjanjian plastik dapat membantu mengatasinya. Negosiasi akan berlanjut bulan depan di Ottawa, Kanada, dengan tujuan menyelesaikan perjanjian pada bulan Desember di kota Busan, Korea Selatan.

 

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement